-->

Minggu, 10 Oktober 2010

Rooibos, Teh Afrika Nikmat tanpa Kafein


APAKAH Anda sudah pernah mencicipi teh rooibos? Daun teh rooibos memang berbeda daun teh lain, tetapi rasa dan aromanya hampir mirip dengan tumbuhan teh pada umumnya. Terlebih, rooibos memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi, tidak mengandung kafein, dan rendah tanin. Di beberapa negara Eropa, rasa teh ini dinilai lebih nikmat.

Teh rooibos (Aspalathus linearis) adalah tanaman alami unik yang berasal dari Afrika Selatan tepatnya di Pegunungan Cedarberg. Teh yang ditaman pada musim panas ini diolah dengan cara alami.

Air mineral murni, udara gunung yang segar, dan panasnya matahari Afrika membuat warna rooibus yang hijau menjadi merah. Maka itu, teh rooibos tidak hanya berkhasiat menyehatkan, tetapi juga beraroma harum, lezat dan menyegarkan.

Adapun kandungan dan khasiat teh rooibos yaitu kalsium (Ca) untuk menguatkan tulang dan gigi, kuprum (Cu) untuk memperlancar metabolisme, flouride (F) yang menjaga kesehatan gigi, dan zat besi untuk meningkatkan oksigen dan melancarkan peredaran darah. Adapula magnesium (Mg) yang menyegarkan sistem saraf dan sistem metabolisme, manganase yang baik untuk kesehatan tulang, kalium yang berfungsi metabolisme, sodium yang baik untuk pengaliran dan keseimbangan cairan tubuh, dan zinc (Zn) untuk memelihara kesehatan kulit.

Baik untuk bayi
Kelebihan lainnya, teh ini bisa dikonsumsi oleh bayi dan ibu yang sedang menyusui. Rooibos berkhasiat mengatasi bayi yang mempunyai masalah kolik atau keram perut. Tak hanya itu, bayi Anda yang rewel juga akan segera tenang bila diberikan teh ini. Teh rooibos juga dapat menghilangkan alergi kulit. Ampasnya pun mampu mengatasi masalah kulit. Rooibos juga bisa melindungi lever (hepatoprotektor), membunuh virus, dan mencegah kanker (antikarsinogenik).

Di beberapa negara seperti seperti Jepang, Amerika Serikat, Jerman, Swiss, dan Inggris, warganya bahkan menilai rasa teh ini dinilai lebih nikmat jika dibandingkan dengan teh lainnya.

Teh rooibos juga sangat baik sebagai pengganti minuman kopi atau teh untuk setiap hari. Sementara itu di Indonesia, teh rooibus lebih dikenal dengan nama teh merah karena warnanya dan produknya pun telah banyak dijual di pasaran.

Karena kaya khasiat kesehatan, tak mengherankan bila banyak yang mulai memproduksi teh ini sebagai suplemen atau minuman kesehatan. Karena itu, mengapa Anda tidak beralih ke teh rooibos, selain nikmat dan tidak pahit, manfaatnya bagi kesehatan pun lebih banyak. (Pri/OL-06)


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates