-->

Jumat, 09 Desember 2011

Jawaban Mengapa Wajah Tampak Tua

SIAPA yang tak ingin awet muda? Tampaknya hampir semua orang menginginkan hal itu. Namun, kita tentu tak bisa menghindari proses penuaan. Banyak pula faktor yang menyebabkan penuaan dini seperti pola makan, stres, dan polusi. Namun, ada satu lagi yang bisa membuat wajah kita tampak lebih tua yakni kadar gula darah tinggi.

Sebuah studi yang digelar Leiden University Medical Centre dan Unilever R&D telah menemukan adanya hubungan antara kadar gula darah pada manusia dan facial age (usia wajah). Studi ini menemukan bahwa orang berusia antara 50- 70 tahun dengan kadar gula tinggi bias kelihatan lebih tua dari mereka yang berkadar gula darah lebih rendah. Untuk setiap kenaikan 1 mmol/liter kadar gula darah, wajah seseorang akan kelihatan lebih tua 5 bulan.

Diana van Heemst, Associate Professor di Leiden University Medical Center, mengatakan, "Hasil studi ini menunjukkan pentingnya mengontrol kadar gula darah orang di usia paruh baya. Terlihat lebih muda mungkin bisa menjadi motivasi untuk mengubah gaya hidup agar menjadi lebih sehat di sekitar usia 50-70 tahun."

Sementara itu, David Gunn, ilmuwan senior di laboratorium R&D Unilever di Colworth Science Park mengatakan, "Ini pertama kali terbukti adanya hubungan antara kadar gula darah dan penuaan wajah. Sudah banyak riset yang membuktikan bahwa kadar gula darah yang terus tinggi tidak baik untuk kesehatan. Studi ini membuktikan bahwa hal tersebut ternyata juga membuat orang tampak lebih tua."

"Meskipun kita tahu bahwa kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan penuaan pada wajah, masih dibutuhkan riset lebih jauh untuk mencari tahu apa penyebabnya yang sebenarnya."

Hasil studi ini yang sudah diterbitkan di jurnal AGE ini merupakan inisiatif dari Netherlands Consortium for Healthy Ageing yang bertujuan memahami bagaimana mempertahankan kesehatan seiring dengan pertambahan usia. (RO/Pri)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar