-->

Sabtu, 03 Desember 2011

Patah Tulang? Printer 3D Solusinya

ANDA mengalami patah tulang? Santai saja. Tidak lama lagi, printer tiga dimensi yang dijual di toko-toko komputer dapat membantu mengatasinya.

Sejumlah ilmuwan di Washington State University mengaku telah menggunakan printer inkjet 3D untuk menciptakan material serupa tulang asli yang dapat digunakan dalam pembedahan, operasi gigi atau pengobatan osteoporosis.

Printer akan menghasilkan cetakan berupa bahan-bahan yang mendukung pertumbuhan tulang baru dan akan dihancurkan begitu sel-sel baru tumbuh.

Menurut para ilmuwan tersebut, dokter bedah tulang dapat menggunakan proses penyesuaian jaringan tulang pengganti selama beberapa tahun. Profesor Susmita Bose yang membantu melaksanakan penelitian itu menulis laporannya di Jurnal Dental Materials.

''Anda dapat menggunakan bubuk tulang seperti keramik sebagai bahan pakan, lalu membuatnya menjadi bentuk gambar apapun di komputer,'' katanya seperti dikutip BBC.

Tim Profesor Bose telah menghabiskan empat tahun untuk mengembangkan substansi seperti tulang. Terobosan datang ketika mereka menemukan cara melipatgandakan kekuatan bubuk keramik utama fosfat kalsium dengan menambahkan silica dan oksida seng.

Pembentukan pencacah harus disesuaikan dengan printer yang dirancang untuk membuat benda logam tiga dimensi, lalu disemprot pengikat plastik seukuran diameter rambut manusia. Proses diulang selapis demi selapis, kemudian dipanggang selama dua jam pada suhu 1.250 derajat celcius. (*/OL-14)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar