-->

Minggu, 15 Januari 2012

Sehat dengan Air Putih

AIR putih sepertinya belum mendapatkan perhatian utama. Padahal, air putih memainkan bagian yang penting dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal sesuai impian.

Tubuh manusia terdiri dari kandungan air sekitar 60%, dan setiap sistem dari tubuh manusia itu bergantung pada air. Selain itu, air juga memegang peranan yang penting bagi kesehatan kulit, rambut, dan kuku, serta mengontrol suhu tubuh, denyut jantung, dan juga tekanan darah.

Menurut Jim White, ahli diet di Virginia Beach American Dietetic Assosiation, seperti dikutip Times of India, konsumsi air di dalam tubuh sangatlah penting. Namun terdapat begitu banyak orang yang mengalami kekurangan air di dalam tubuhnya, sehingga terlihat penurunan besar dalam kinerja atletik dan kelelahan yang disebabkan oleh kurangnya air yang menyebabkan dehidrasi.

Anda dapat mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung air, salah satunya adalah beragam jenis buah. Semangka memiliki kandungan air sebanyak 90%, sehingga menjadi peringkat tertinggi dalam daftar makanan. Jeruk, dan melon seperti jenis Cantaloupe dan Honeydew juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh.

Tidak hanya beragam jenis buah, varian sayuran meski tidak sebanyak kandungan air pada buah, juga dapat menyediakan sumber air yang kaya akan nutrisi. Seperti seledri, mentimun, tomat, paprika hijau, dan jenis selada romaine.

Bagi Anda yang sedang melaksanakan program diet, White menambahkan jenis makanan yang aman dikonsumsi, antara lain yoghurt, sup, ataupun smoothie yang juga memiliki banyak kandungan air.

Selain jenis buah dan sayuran, susu juga menjadi primadona untuk mengisi bahan bakar di dalam tubuh. Minuman yang kaya akan kalsium ini menjadi pilihan salah satu minuman yang menyehatkan.

Namun di balik itu semua, air putih menjadi peringkat teratas untuk minuman yang menyehatkan. Jika Anda tidak suka rasa air mineral, dapat ditambahkan perasan lemon atau raspberry yang disertai dengan daun mint.(*/X-13)

TIDUR malam merupakan saat-saat yang penting bagi tubuh untuk beristirahat setelah seharian beraktifitas. Tidur yang berkualitas, kemudian menjadi penentu bagaimana tubuh menerima tantangan kegiatan yang bertubi-tubi dikeesokan harinya.

Kita semua tahu, bahwa buah memberikan segudang manfaat untuk tubuh. Baik yang dikonsumsi secara langsung, maupun setelah mengalami tahap pengolahan. Buah yang kaya akan vitamin, membuat tubuh menjadi semakin segar dengan mengkonsumsinya secara rutin. Salah satunya ceri.

Selain suasana tempat tidur yang nyaman, ternyata segelas jus ceri memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk membuat tidur semakin nyenyak.

Erat kaitannya dengan kualitas tidur, ternyata buah dengan warna merah ranum yang menggoda ini memiliki khasiat yang manis, semanis rasa yang ditawarkan!

Sebuah penelitian baru dalam situs Times of India mengatakan, bahwa ceri memproduksi melatonin, berupa hormon alami yang positif mempengaruhi tidur kita.

Sang peneliti, Mankani Satish mengatakan bahwa melatonin diproduksi di kelenjar pineal yang terletak di dasar otak. Kelenjar ini lebih aktif selama waktu malam dibandingkan di siang hari.

Melatonin mengandung antioksidan yang bertanggung jawab untuk meningkatkan waktu tidur dalam jumlah yang signifikan sehingga positif bagi tubuh.

Untuk memperoleh kualitas tidur yang baik, Anda dapat membuat segelas jus ceri yang ditambahkan dengan sedikit air tanpa gula dengan rentang waktu 45 menit sebelum tidur. (*/X-13)

TAK hanya bagi remaja yang tengah puber, jerawat kini juga menjadi masalah kulit yang memengaruhi perempuan di usia 20-an, terutama mereka yang sukses, menurut penelitian.

Sekitar setengah dari perempuan diketahui memiliki masalah kulit pada tahap kehidupan dewasa, kata para ilmuwan, bahkan mereka yang tidak pernah mengalami masalah kulit kala remaja.

Satu teori menyebutkan perempuan masa kini mengalami stres lebih berat daripada generasi sebelumnya sehingga melepaskan stres hormon laki-laki yang memicu produksi minyak lebih banyak pada pori-pori.

Ahli dermatologi di Nantes University Hospital menemukan jerawat pada usia dewasa berbeda dengan versi remaja. Remaja cenderung berjerawat di T-zone dari dagu, hidung, hingga dahi. Adapun perempuan di usia pertengahan dua puluhan lebih cenderung mengalami jerawat tempat yang lebih dalam di bawah kulit.

Perempuan tiga kali lebih mungkin untuk menderita jerawat jika dibandingkan laki-laki. Ini mungkin karena kulit perempuan lebih sensitif terhadap hormon pria.

Susannah dr Baron dari Rumah Sakit dan Canterbury Kent berkata, "Ini saatnya untuk mengevaluasi kembali penilaian tentang jerawat dan pengaruhnya terhadap kehidupan perempuan dewasa," katanya seperti dikutip dari The Telegraph, Sabtu (26/11). (Pri/OL-06)

TAKUT dengan perawatan di salon yang terkadang menimbulkan efek samping membahayakan? Tidak perlu khawatir. Banyak metode perawatan berbahan dasar alami yang dapat Anda gunakan saat bersantai di rumah.

Berikut tips kecantikan yang dilansir All Women Talk.

1. Kurangi lingkaran mata

Lingkaran mata memang sangat mengganggu penampilan, terkadang meski telah disamarkan dengan polesan make up, tetap saja masih terlihat. Langkah ini dapat Anda lakukan di rumah. Iris kentang secara tipis, kemudain letakan di atas kelopak mata selama 15-20 menit dalam kondisi berbaring. Setelahnya bilas dengan air.

2. Haluskan kulit wajah

Ingin kulit yang halus tanpa merogoh kocek yang terlalu dalam? Anda dapat mengambil satu sendok teh garam halus, kemudian usapkan ke wajah secara perlahan, namun Anda harus hati-hati pada daerah mata. Kemudian bilas dengan air dingin.

3. Putihkan Kuku

Sikatlah kuku dengan sikat gigi bekas dan pasta gigi yang mengandung whitening. Langkah lain juga dapat Anda lakukan, seperti merendam kuku ke dalam air yang dicampur dengan perasan jeruk lemon selama 5-10 menit.

4. Hilangkan kerut pada wajahPotong anggur hijau menjadi dua bagian, kemudian usapkan ke wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dan keringkan.

5. Haluskan wajah dengan masker

Campur satu sendok madu dengan krim wajah dan setengah sendok teh gandum, gosokan pada wajah dengan lembut. Biarkan selama 5 menit, dan bilas sampai bersih!

6. Haluskan telapak kaki

Campur satu cangkir jus lemon dan air sampai batas mata kaki. Tambahkan ¼ cangkir peppermint, 2 sendok makan minyak zaitun, dan susu murni ¼ cangkir. Kemudian rendam selama 15-20 menit. setelahnya bilas dan keringkan dengan handuk. (*/OL-14)

Gigi Kuning, Ganggu Penampilan

KESAL dengan warna gigi yang menguning, padahal rutin menggosok gigi? Jangan salahkan pasta gigi jika Anda sering mengonsumsi jenis makanan dan minuman berikut ini.

1. White wine

Mengapa wine dapat merubah warna gigi menjadi kuning? Pasti Anda berpikir bahwa anggur merahlah yang seharusnya memiliki dampak yang lebih negatif.

Menurut Direktur Institusi Kesehatan Gigi University College Hospitals Dr Paul Ashley, anggur putih mengikis gigi dan mengubah warnanya menjadi kekuningan.

2. Teh herbal

Akhir-akhir ini penggunaan teh herbal kian meningkat. Efek pelangsingan bagi tubuh semakin digandrungi banyak perempuan dengan mengkonsumsi teh herbal.

Namun seperti yang di kutuip dari Dailymail, banyak yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya minuman ini memiliki dampak yang kurang baik bagi gigi. namun jika Anda terbiasa mengomsumsi teh herbal, ada baiknya Anda memilih jenis teh hijau yang dipercaya menekan bakteri penghasil asam di gigi.

3. Rokok

Kandungan nikotin pada rokok membuat ruang mulut menjadi asam. Nikotin tersebut terikat pada elemen gigi dan pada akhirnya tertinggal di dinding gigi. jangan heran bagi mereka yan gmerokok, hampir sulit untuk memiliki gigi yang putih bersih. (*/OL-14)

KEBERSIHAN dan kesehatan organ mulut juga menjadi fokus utama dalam penampilan. Membersihkan gigi dengan cara yang benar tidak hanya mencegah penyakit gigi maupun gusi, namun berpengaruh pada penurunan risiko penyakit radang paru-paru.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Yale University School of Medicine menemukan perubahan risiko penyakit radang paru-paru pada penderita setelah menangani bakteri yang terdapat dalam mulut mereka.
Kesimpulan tersebut diperkuat pula oleh Dr. Samit Joshi ELS Global Medical News, yang mengatakan bahwa temuan tersebut dapat mengurangi risiko radang paru-paru dengan membersihkan bakteri yang hidup dalam mulut kita.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, Yayasan British Dental mengatakan studi terbaru ini bukan yang pertama untuk mengasosiasikan kesehatan mulut yang buruk dengan penyakit pernapasan.

Bagi Nigel Carter, seorang kepala eksekutif British Dental Health Foundation United Kingdom, penelitian terbaru ini menunjukkan bagaimana pentingnya merawat gigi dan mulut.

Perawatan gigi dan mulut tidaklah sulit. Hanya perlu menyikatnya secara benar dengan minimal dua kali sehari termasuk sebelum tidur. Dan juga diperlukan kesadaran untuk memeriksa gigi secara rutin setiap enam bulan. Sehingga gigi dan mulut terjaga, tubuh pun terhindar dari beragam penyakit. (*/OL-06)

KULIT yang cantik merupakan sebuah indikasi kulit sehat. Pelembab kulit atau losyen biasanya menjadi sahabat ketika kulit mulai kering dan terlihat kusam. Namun, pernahkah terlintas bagaimana dampak penggunaan losyen yang tidak berbahan organik sebagai komposisi utama?

Kulit adalah organ terbesar dari tubuh yang menyerap apa yang ada di permukaan ke dalam aliran darah. Banyak ragam sabun mandi sampai losyen yang memiliki kandungan bahan kimia yang lebih besar. Namun produk perawatan kulit dari bahan organik menjadi pilihan kesekian, karenaharganya relatif mahal.

Sensitivitas kulit setiap orang memang berbeda. Ada yang tahan terhadap bahan kimia, namun tidak sedikit yang sangat rentan terhadap kandungan yang ditawarkan.

Produk perawatan kulit alami atau yang menggunakan bahan organik dapat mengurangi dampak timbulnya alergi dan noda.

Menurut penelitian yang dikutip dari Allwomestalk menyebutkan bahwa penggunaan produk kulit yang mengandung bahan organik dapat menurunkan penyebab melanoma. Manfaat lainnya adalah losyen kulit yang mengandung bahan organik dalam jangka panjang menjaga rejimen kulit dan meningkatkan kesehatan kulit.

Produk perawatan kulit organik diserap dan tidak akan menyumbat pori-pori Anda, sehingga jerawat akan menjauh dan juga memperbaiki kulit rusak karena sinar matahari. Jangan ragu memilih yang alami untuk tetap sehat! (*/OL-06)

ADA kebiasaan kecil yang buruk namun selalu kita jalani dalam keseharian. Tidak sadar bahwa beberapa kebiasaan buruk ini mampu memperparah kesehatan.

Tidak sempat sikat gigi karena rasa kantuk mendera? Menurut sebuah studi yang disampaikan oleh Clark Stanford, DDS, PhD, menyikat gigi tanpa menambahkan cairan untuk berkumur, dapat menghasilkan sisa bakteri, dan pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Tidak menyertakan obat kumur saja berbahaya, apalagi sampai lupa menyikat gigi ya! Sebuah studi pada tahun 2011 yang disampaikan oleh American Heart Association, penyakit periodontal dapat meningkatkan serangan jantung, stroke, dan risiko gagal jantung.

Ditengah malam tiba-tiba Anda merasakan lapar? Nah, satu lagi kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan, yaitu melongok isi lemari es ketika terbangun di malam hari, dan berharap banyak tersedia camilan. Menurut Majorie Nolan, RD, yang disampaikan kepada American Dietetic Association, camilan di malam hari cenderung merusak gigi karena mulut cenderung memproduksi sedikit air liur yang berfungsi untuk membantu menghacurkan sisa-sisa makanan di dalam mulut.

Seringkali begadang akibat tugas kantor atau menonton film tertentu? Dalam sebuah studi pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Endokrinologi and Metabolism, orang yang hanya tidur malam selama empat jam atau kurang, akan menciptakan resistensi insulin yang lebih dibanding mereka yang tidur dalam waktu yang cukup.

Bersahabat dengan beragam perangkat elektronik memang tidak dilarang selama masih bijaksana dalam pemakaiannya. Karena menghabiskan waktu dengan beragam perangkat elektronik kerap menjadi kebiasaan. National Sleep Foundation yang juga dikutip dalam Times of India melaporkan bahwa 95 persen warga Amerika yang menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur, seperti bermain laptop, telepon selular, bahkan MP3 player.

Menurut Lawrence Epstein, MD, seorang direktur dari Sleep Health Centers program di Harvard University, perangkat elektronik yang mengantarkan seseorang hingga tertidur jika dilakukan secara sering, akan merangsang timbulnya stres. Hindari hal kecil yang berakibat keburukan bagi kesehatan! (*/OL-06)

SEBUAH penelitian dari UC Berkeley telah menemukan bukti klinis bahwa ada hubungan antara tidur dan fungsi otak afektif. Perlu diketahui, rutinitas sehari-hari bisa bisa mendatangkan stres yang membuat tingkat emosi kian meninggi.

Penelitian yang ditampilkan dalam jurnal Current Biology, menemukan fakta bahwa rapid-eye movement (REM), sebuah gerakan mata selama rentang waktu tidur di mana indikator-indikator stres membuat pengalaman emosional lebih mudah dikelola.

Menurut salah satu peneliti, Els van der Helm, yang juga dikutip dalam ninemsn.com, selama tidur REM sedang diaktifkan kembali, dan dimasukkan ke dalam perspektif dan terintegrasi ke otak.

Dalam penelitian tersebut juga menambahkan bahwa orang sehat pada umumnya menghabiskan 20 persen dari jam tidur mereka di Rapid-eye movement, dimana masalah yang berkaitan dengan tingkat emosional yang tinggi akan diproses dan mengurangi emosional subyektif di keesokan harinya.

Mimpi merupakan komposisi neurokimia yang unik. Dimana dalam mimpi tersebut sebenarnya menjelma sebagai terapi untuk menenangkan dan menghilangkan sisi emosional yang buruk. Untuk itu, usahakan tidur malam dalam porsi yang cukup, sehingga badan tetap bugar, dan tingkat emosional semakin menyingkir! (*/OL-06)

;;