-->

Senin, 27 Oktober 2014

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Mungkin hampir kebanyakan orang tidak terlalu menikmati (suka) akan daun yang satu ini, banyak mengatakan bahwa daun pepaya sangat pahit, tetapi itu semua tergantung cara pengolahannya, jika cara pengolahannya pintar atau baik maka rasa pahit akan hilang atau hanya terasa pahit sedikit saja.

Namun, taukah anda? Dibalik rasa pahit daun pepaya ternyata daun yang satu ini menyimpan rahasia dan kegunaan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita ( pahit dikit tapi menyehatkan tubuh hehhe) hal ini sangat berbanding terbalik dengan rasa buahnya yang cenderung manis dan lembut dimulut.

Ngomongin masalah tumbuhan yang satu ini (pepaya), hampir semuanya dapat kita ambil manfaatnya untuk kesehatan tubuh, mulai dari buahnya, daunnya, akarnya, serta bunganya. Namun sesuai judul diatas berarti kali ini saya akan coba mengulas mengeani manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh kita.

Sebenarnya apa sajakah manfaat dari daun pepaya itu? Yukss kita lihat bersama-sama apasajakah manfaat daun pepaya. Berikut adalah manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi daun pepaya.

Daun Pepaya dapat menambah selera makan si kecil
Wihhh kok bisa yahh? Padahal rasanya pahit heheh. Ketika si anak selera makannya menurun, justru daun dari tumbuhan pepaya ini dapat memberikan solusi bagi anda yang ingin sibuah hatinya kembali lahap

    * Adapun caranya adalah sebagai berikut:
    * Siapkan pucuk daun pepaya yang masih segar
    * Lalu hamcurkan/haluskanlah daun pepaya tadi dengan menggunakan blander
    * Campurkan air hangat sekitar 200cc serta sedikit garam beryodium.
    * Saring buang ampasnya, dan ambil sekitar 2 sendok berikanlah pada anak anda.

Menghilangkan jerawat
Sebenarnya banyak cara menghilangkan jerawat secara alami, dan salah satunya menggunakan daun pepaya untuk dijadikan masker alami.

Adapun caranya adalah sbb:

    * Siapkan sekitar 3 helai atau 2 helai daun pepaya tua yang masih segar (langsung dari pohonnya)
    * Panaskan atau jemur dahulu daun tadi
    * Diamkan sampai daun layu
    * Haluskanlah daun tersebut.
    * Campur  dengan air 300 CC .
    * Nah daun pepaya siap untuk anda gunakan sebagai masker penghilang jerawat alami.
    * Lakukan cara ini secara rutin supaya mendapatkan hasil yang maskimal

Sebagai tanaman herbal demam berdarah
Rasa pahit yang terdapat pada daun pepaya juga bermanfaat baik untuk obat herbal alami demam berdarah ( DBD) adapaun cara pemanfaatan daun pepaya sebagai obat herbal alami adalah sebagai berikut:

Ambil daun pepaya sekitar 3 helai (carialah daun yang masih muda).

    * Siapkan juga air bersih sekitar 0,5 liter dan 2 sendok makan madu murni.
    * Masukan daun dan air kedalam panci (rebuslah)
    * Diamkan dampai air hanya tersisa seperempatnya saja.
    * Rebus daun pepaya dalam 0,5L air, tunggu hingga sisa seperempat.
    * Ambil air rebusan, tunggu hingga dingin, campurkan 2 sendok makan madu murni.
    * Minumlah air rebusan ini rutin 3 kali dalam sehari kerjakan sampai DBD anda hilang.

Melancarkan pencernaan
Seperti yang kita tahu bahwa buah pepaya sangat baik untuk melancarkan sitem pencernaaan dalam tubuh, namun tahuakah anda bahwa daun pepaya yang pahit juga bisa anda gunakan sebagai pelancar system pencernaan tubuh anda.

Mengapa begitu? Karena dalam daun pepaya terdapat kandungan yang bernama karpain, senyawa ini berguna untuk membantu menghancurkan mikroorganisme yang dapat menggangu system pencernaan tubuh.  Nah jika anda mengalami susah pencernaan anda dapat mengkonsumsi buah atau daun pepaya sama saja hehhe.

Nah jika anda ingin mencoba mengkonsumsi daun pepaya karena sudah tau manfaatnya, namun anda masih malas karena rasa pahitnya, sedikit tips untuk menghilangkan rasa pahit dalam daun pepaya yang bisa anda coba:

    * Cara pertama : Remaslah daun pepaya muda dengan menggunakan tambahan sedikit garam dapur, remas hingga daun mengeluarkan lendirnya. Lalu cuci bersih daun menggunakan air bersih, oke langkah selanjutnya daun siap untuk dijadikan kulupan atau diolah.
    * Cara kedua: rebus daun pepaya dicampur dengan daun jambu biji, dengan skala perbandingan, jika daun pepaya yang akan kita rebus 10 helai, maka tambahkan sekitar 10 helai daun jambu biji yang sudah tua. Angkat daun pepaya yang sudah kita rebus dan buanglah daun jambunya, insy@ rasa pahit akan hilang, atau berkurang.
    * Cara ketiga: anda dapat merebus daun pepaya bersamaan dengan daun singkong, dengan takaran daun singkong lebih banyak kebimbang daun pepaya

Itulah sedikit ulasan mengenai daun pepaya yang bisa kita ambil manfaatnya, walaupun sedikit pahit tapi kaya akan manfaat, sekian dulu terimakasih, tunggu artikel berikutnya yahh heheh.Buah Pepaya merupakan salah satu buah yang sangat cocok untuk dibudidayakan pada iklim tropis seperti negara kita tercinta (Indonesia), sehingga buah yang satu inisangat mudah untuk didapatkan dan keberandaannya pun cukup melimpah.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates