-->

Senin, 27 Oktober 2014

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dari daun sirsak mungkin sudah tidak asing dalam dunia pengobatan herbal dan sudah tidak bisa diragukan lagi akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia.

Pasalnya daun ini sudah dipercaya sejak dahulu kala mampu mengobati berbagai penyakit, baik penyakit berat maupun penyakit ringan, dan hal ini terbukti jelas, jika kita mau mengkonsumsinya rutin untuk pengobatan penyakit.

Asal mula munculnya tanaman sirsak ini, diyakini berasal dari belahan benua amerika, (amerika bagian tengah atau lebih spesifiknya berasal dari Negara karibia). Daun sirsak atau yang lebih dikenal dengan bahasa latin annona muricata ini bermanfaat karena adanya berbagai macam kandungan/senyawa kimia.

Adapun kandungan dan senyawa kimia yang bisa kita dapatkan dari daun sirsak adalah sebagai berikut: Adanya kandungan annocatalin, anomurine, annohexocin, kandungan annomuricin, annocatacin, acetogenins, kandungan annonacin, senyawa kimia anonol, linoleic acid, caclourine, muricapentocin, gentisic acid, dan gigantetronin.

Kesemua kandungan dan senyawa inilah yang nantinya dapat berperan baik untuk proses pengobatan penyakit berat dan penyakit ringan.

Nah setelah mengetahui sedikit tentang Tanaman sirsak diatas, mari kita masuk kepembahasan utama mengenai manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh, adapun manfaat yang bisa kita ambil dari daun sirsak adalah sebagai berikut:


 Membantu tubuh agar dapat terhindar dari kanker
Salah satu manfaat yang paling terkenal dari tumbuhan herbal yang satu ini ialah sebagai pencegah penyakit kanker. Hal ini didasari bahwa sifat daun sirsak yang berguna untuk menambah imun tubuh atau daya tahan tubuh, Nah jika daya tahan tubuh anda baik, tentu hal ini dapat menghindarkan tubuh dari penyakit bukan, dan salah satunya penyakit kanker? 

Jika anda tertarik untuk menggunakan daun sirsak sebagai obat herbal alami, anda bisa melakukan cara-cara dibawah ini:

    * Siapkan bahan (daun sirsak) sekitar 10 helai, pilih daun yang sudah tua ya.
    * Bersihkan daun sirsak yang sudah kita siapkan menggunakan air bersih.
    * Masukkan daun sirsak kedalam panci yang sudah diisi air sekitar 3 gelas
    * Lalu rebus daun di kompor sampai mendidih dan hanya tersisa satu gelas saja airnya
    * Dinginkan air rebusan, dan konsumsi rutin perhari dua kali, pagi dan sore hari.
    * Lakukan cara ini sampai minimal 1 minggu dan liat hasilnya perubahannya, untuk hasil yang maksimal lakukan cara ini sampai kanker anda sembuh.

Obat herbal asam urat
Salah satu manfaat lain dari tumbuhan sirsak ini adalah sebagai obat herbal penyembuh penyakit asam urat, nah bagi anda yang memiliki masalah asam urat, tak ada salahnya mencoba ramuan dibawah ini, ramuan ini sudah terbukti efectif loo, jika dikerjakan rutin.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

    * Siapkan 7 atau 10 lembar daun sirsak yang sudah tua.
    * Cuci bersih daun menggunakan air sampai benar-benar bersih
    * Rebus daun sirsak kedalam manci berisi air 2 gelas, sebelum direbus, anda juga dapat memotong terlebih dahulu daun sirsak, agar saat direbus kandungannya dapat keluar semua.
    * Diamkan sampai air rebusan mendidih dan hanya tersisa 1 gelas saja.
    * Minum air rebusan jika sudah dingin, dengan takaran minum sehari 2 kali.

Menyembuhkan diare pada bayi
Khusus untuk menyembuhkan penyakit diare pada bayi, bukan daunnya yang kita gunakan namun buah sirsaknya lah yang kita gunakan, adapun caranya, ambil buah sirsak yang sudah matang secukupnya, peras buah dan ambil airnya saja, sebelum air perasan diminumkan ke anak, usahakan saring dahulu airnya,dan barulah berikan kepada anak, takaran pemberian 3 sendok makan/pengonbatannya.

Obat herbal bisulan
Cara pengaplikasian daun sirsak untuk penyembuhan obat bisul adalah sebagai berikut: siapkan daun sirsak yang masih muda sekitar 10 helai, nah daun inilah yang nantinya akan anda gunakan sebagai alami penyembuh bisul, yaitu dengan cara menempelkan kebagian kulit yang terdapat bisulnya dengan menggunakan daun sirsak,  dan biarkan sampai bisul anda mengering.

Obat alami penyembuh Penyakit rematik dan eksim

Adapuncaranya adalah sebagai berikut:

    * Siapkan secukupnya daun sirsak yang sudah tua
    * Tumbuh daun hingga halus
    * Tempelkan daun yang sudah ditumbuk halus kebagian yang terasa sakit rematik, serta ke kulit yang yang memilki eksim,
    * kerjakan cara ini minimal sehari 2 kali
    * Untuk hasil yang maksimal kerjakan sampai sakit rematik anda sembuh.

Sebagai tumbuhan herbal penambah imun tubuh.
Dan manfaat terakhir yang bisa kita ambil dari daun sirsak pada pembahasan kali ini adalah sebagai daun pemberi kekuatan kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan terbebas dari infeksi.

Adapun pengaplikasiannya:

    * Siapkan daun sirsak tua sekitar 5 lembar
    * Masukan kedalam panci yang berisi air 4 gelas
    * Masak daun sampai benar-benar mendidih
    * Diamkan dahulu hingga hanya tersisa satu gelas saja
    * Dinginkan rebusan dan konsumsilah rutin sehari satu kali.

Banyak bukan manfaat dari daun ini, mungkin bagi anda pecinta herbal tidak asing lagi, namun bagi yang belum tau boleh merasakan khasiat dari tumbuhan ini. Sekian dulu pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates