-->

Senin, 01 Desember 2014


Berlari dan jogging adalah olahraga yang mudah, murah serta efektif untuk meningkatkan kesehatan badan dan sebagai sarana menurunkan berat badan. Namun tidak semua orang memiliki motivasi ataupun semangat untuk melakukan jogging (apalagi saat pagi hari).


Dalam artikel berikut, akan memberikan beberapa cara untuk meningkatkan semangat Anda untuk berlari / jogging. 

1. Mendengarkan musik saat berlari 

Mendengarkan musik saat berlari dapat menghindari kebosanan dan beberapa jenis musik akan mampu membuat semangat Anda terpompa dan berlari lebih jauh dari biasanya. Buatlah playlist lagu dengan irama dan tempo musik yang sesuai dengan jarak dan kecepatan lari yang Anda mau. 


2. Berlari bersama teman 

Bila Anda memiliki teman yang suka berlari atau mengikuti sebuah klub perkumpulan yang senang berlari maka Anda akan kesulitan mencari alasan untuk tidak berlari / jogging. Ini karena dengan memiliki teman berlari maka diri Anda akan termotivasi dan lebih bersemangat. 


3.Variasikan rute berlari 

Banyak pelari bosan dengan rute sama yang dijalani setiap harinya. Oleh karena itu supaya tidak jenuh dan bosan maka direkomendasikan untuk memvariasikan rute lari yang ditempuh serta melakukan variasi tingkat kesulitan dalam berlari (contoh: rute tanjakan dan turunan).

Selain menghindari rasa jenuh saat berlari, variasi intensitas dan kesulitan dalam olahraga lari juga memiliki keuntungan dalam meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot kaki. 


4. Menghilangkan stres dan depresi 

Meskipun berlari secara fisik akan membuat Anda lelah, tapi berlari dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani seperti meningkatkan kualitas tidur, menghilangkan stres, mengurangi depresi dan menenangkan pikiran. Berlari / jogging membuat Anda lupa tentang masalah hidup untuk sementara dan membuat Anda tetap bersemangat menjalankan aktivitas sehari-hari, hal ini bisa merupakan sebuah motivator yang kuat untuk terus berlari.

Bila berlari sendiri, maka anggap saat Anda jogging / lari adalah waktu pribadi dimana Anda melupakan segala rutinitas dan kewajiban Anda di kantor dan di rumah. Pergunakan waktu tersebut dengan egois seperti memikirkan tujuan dan impian hidup.


5. Bayangkan garis finish saat berlari 

Entah itu berlari sendirian atau bersama-sama teman dgn membayangkan garis finish (batas akhir latihan) sebelum mulai jogging dapat memotivasi Anda untuk terus berlari meskipun kaki telah lelah.


6. Membayangkan hasil akhir yang akan dicapai
Jika tujuan akhir adalah untuk menurunkan berat badan dengan cara berlari, maka akan sangat membantu bila Anda membayangkan diri Anda saat nantinya berat badan turun, terlihat lebih kurus, bugar dan dapat memakai baju idaman yang sebelumnya sempit dan tidak muat dipakai.

Hal ini sangat efektif meningkatkan semangat dan motivasi untuk berlari karena dengan membayangkan hasil dan kepuasan yang nanti diraih akan memaksa tubuh Anda untuk terus bergerak.



Sumber : id.tips-trik.net

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates