-->

Minggu, 30 November 2014


OLAHRAGA merupakan aktivitas yang sangat penting dilakukan disela-sela waktu kegiatan yang begitu padat. Karena, olahraga dapat menyeimbangkan kerja tubuh dan dengan berolahraga, kita akan mendapatkan kembali stamina-stamina yang hilang setelah melakukan aktivitas yang begitu banyak.

Kita hanya perlu meluangkan waktu 15-30 menit saja untuk melakukan olahraga. Dari sudut pandang islam, olahraga juga sangat penting dilakukan. Allah SWT sangat menyukai umatnya yang senantiasa menjaga dirinya dengan menerapkan pola hidup sehat. Tidak hanya dalam menjaga pola makan tetapi juga dapat teratur berolahraga. Rasulullah SAW juga menganjurkan beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh seluruh umat manusia, yaitu memanah, berkuda, dan berenang.

Dengan berkuda, masalah tulang belakang manusia dapat terawat dengan baik. Karena, semasa pergerakan kuda melompat dan berlari menyebabkan tulang belakang manusia bergesek satu sama lain dalam keadaan harmoni sehingga saraf-saraf tulang belakang seolah-olah diurut.

Dengan memanah, kita dapat melatih emosi kita. Memanah sangat menitikberatkan body balancing. Maka jika pemanah emosinya tertekan, maka panahan amat mudah tersasar. Seseorang yang sikapnya tidak sabar, pemarah atau kurang baik mentalnya maka, ia tidak akan menjadi pemanah yang baik. Rasulullah SAW bersabda: ”Kamu harus belajar memanah karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu.” (Riwayat Bazzar, dan Thabarani dengan sanad yang baik).

Dengan berenang, akan menambah stamina tubuh kita karena segala otot dan tulang rangka digerakkan untuk membuat satu gerakan yang berkoordinasi antara dua anggota kaki dan dua anggota tangan. Berenang juga memberi peluang manusia untuk menguasai air sehingga manusia menjadi makhluk yang berani.

Rasulullah SAW bersabda: “Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda)” (HR. Muslim). Umar bin Al-Khaththab ra juga berkata: “Ajarilah anak-anak kalian berenang, memanah, dan menunggang kuda.” Dengan berolahraga seperti itu, kita telah mempersiapkan dan melatih jasmani kita agar senantiasa kuat dan sehat dalam menjalankan tugas-tugas yang Allah SWT berikan. Sesungguhnya Allah SWT sangat menyukai umatnya yang kuat dibandingkan yang lemah. [santi/islampos/ nuranifkmui]

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates