-->

Minggu, 30 November 2014

Cara Menanam Sayuran Pada Batang Pisang

Sering kita jumpai batang pisang yang kurang dimanfaatkan oleh masyarakat, oleh karena itu akan lebih bermanfaat jika batang tersebut kita manfaatkan. Mungkin jika belum mengetahui bahwa ternyata batang pisang bisa ditanami sayuran kita akan gumun (kagum), karena sesunggunya di dalam batang pisang terdapat banyak mikroorganisme yang sangat subur jika ditanami. Batang pisang punya kelebihan yaitu pati dalam batang tersebut dapat digunakan sebagai sumber nutrisi mikroorganisme yang akan kita manfaatkan sebagai media penyubur tanaman. batang pisang tersebut berfungsi sebagai media untuk menyuburkan tanaman yang lama-kelamaan akan menjadikan batang pisang tersebut menjadi kompos. dan juga batang pisang bisa digunakan sebagai pengganti bambu dan juga talang air yang digunakan berkebun sayur-sayuran.

Berbagai senyawa dapat ditemukan dibatang pisang, di antaranya adalah saponin, flavanoid dan antrakunon. maanfaat antrakuinon untuk manusia adalah sebagai penyubur rambut. sedangkan untuk tanaman bermanfaat untuk menyuburkan, karena tanaman karena akarnya akan menyerap unsur hara tersebut sehingga mempercepat pertumbuhan.



Cara penggunaan batang pisang yang digunakan untuk berkebuh sangatlah mudah. Silakan siapkan penyangga dari kayu sebagai penahan batang pisang yang akan kita letakkan secara horizontal. Dan lubangilah batang pisang tersebut dengan ukuran gelas atau gelas air mineral dan lebarnya adalah 15 cm dengan dalam 10 cm saja, pakailah pisau dan kita beri jarak lubangnya antara 15 cm sampai 20 cm saja.

Satu batang pisang bisa digunakan 2 lajur lubang. Dan jika lubangnya sudah jadi maka kita masukkan sampah organik atau pupuk organik dalam lubang yang kita buat tadi. Dan diamkan dulu kurang lebih 2 sampai 3 hari saja, dan selanjutnya batang bisa baru bisa kita tanami tumbuhan atau benih sayuran yang kita kehendaki. Cara perawatannya cukup gampang, hampir sama dengan berkebun menggunakan bambu dan talang. Batang pisang tersebut bisa kita gunakan 2 sampai 3 kali tanam atau panen, dilihat kondisi batang tersebut.


Demikian semoga ada manfaatnya. Terimakasih kepada Allah Swt yang telah memberikan batang pisang sehingga bisa kita manfaatkan. Selamat mencoba.


re post : Laptopumi.com

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates