-->

Jumat, 07 November 2014

Tips Berbisnis di Masa Tua

Masa pensiun bukanlah halangan bagi Anda untuk berhenti bekerja dan menghasilkan uang. Ada berbagai pilihan bisnis atau peluang usaha yang bisa Anda geluti ketika pensiun. Tapi banyaknya pilihan bisnis, sering kali membuat Anda bimbang untuk memilih jenis usaha. Lalu, bagaimana cara menentukan jenis usaha yang sesuai dengan Anda?

Menurut perencana keuangan, Mohammad Andoko, karakteristik pilihan usaha yang cocok bagi para purnakaryawan adalah sektor usaha yang tidak berisiko tinggi. Agar pensiunan tidak berfikir terlalu keras di masa tua.

“Sektor usaha itu akan lebih baik bila pengoperasiannya mudah,” ujar Andoko kepada Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia, Jumat, 17 Oktober 2014. “Ini perlu Anda perhatikan mengingat kesehatan dan stamina pensiunan sudah tidak seaktif dulu saat masih menjadi karyawan.” Berikut beberapa pilihan bisnis yang cocok bagi pensiunan:

1. Bisnis di sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan
Sektor ini merupakan pilihan bisnis yang sangat tepat bagi pensiunan. Sebab sebagian besar orang tua menyukai kegiatan bercocok tanam atau beternak. Apalagi permintaan akan hasil pertanian dan peternakan sangatlah besar. Sementara belum banyak produsen yang menyediakannya. Seperti bisnis peternakan ayam kampung, beternak lele, membudidayakan ikan hias, bisnis makanan organik, atau bisnis tanaman hias.

2. Bisnis properti
Pilihan lain yang cocok bagi pensiunan adalah bidang properti. Bisnis ini merupakan salah satu dari kebutuhan banyak orang. Dan Anda tidak perlu memeras keringat kala menjalankan usaha ini. Cukup mengelolanya sambil bersantai di rumah.

Selain itu, investasi properti hampir tidak ada ruginya. Sebab nilai jual properti selalu meningkat setiap tahun. Seperti bisnis indekos-indekosan di rumah. “Apalagi lokasinya di daerah kampus atau perkantoran, pasti akan banyak yang membutuhkannya,” kata Andoko.

Kalau berminat mengelola usaha properti, Anda bisa menyediakan rumah kontrakan atau indekos. Sementara lahan kosong milik Anda bisa menjadi tempat penitipan kendaraan bermotor.

3. Bisnis transportasi
Sarana transportasi sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Membuka bisnis sarana transportasi juga merupakan pilihan yang menjanjikan bagi pensiunan. Sama seperti properti, Anda pun dapat menjalankan bisnis ini dari rumah. Sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga Anda. Misalnya bisnis jasa antar-jemput anak sekolah, bisnis penyewaan mobil, motor, sepeda, maupun bus.

4. Bisnis yang sesuai dengan hobi
Untuk pilihan yang satu ini, besar kemungkinan Anda bakal menyukainya. Sebab sambil mengeruk keuntungan, Anda berkecimpung dalam hobi. Kalau senang menulis, Anda bisa mencoba membuat buku atau novel. Jika hobi membaca dan mempunyai koleksi buku yang lumayan banyak, Anda bisa memulai bisnis membuka taman bacaan.

“Atau Anda hobi mengoleksi batu mulia yang pada saat ini harganya sangat menggiurkan, tentu bisa menjadi sarana bisnis yang menjanjikan,” ujarnya.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates