-->

Sabtu, 10 Oktober 2009

Kiat Khusus Keuangan

Kiat-kiat yang perlu Anda ketahui agar bisa klop dengan pasangan dalam membahas soal uang.

1. Jalan Kaki.
Pria tak suka berbicara terbuka soal uang. Jadi, bicarakan padanya di saat sedang santai, atau di udara terbuka akan sangat membantu.



2. Mengakui.
Katakan kepada pasangan, kebiasaan keluarga Anda terhadap uang. Terutama bila Anda tak banyak membelanjakan uang, sebaiknya Anda yang memulai membahasnya.

3. Rendah hati.
Jangan pernah merasa cara Anda paling benar. Dengarkan apa yang dikatakan pasangan, dan terima pendapatnya. Bisa saja cara pasangan sangat berbeda dengan cara Anda. Namun, sebaiknya Anda berdua saling menghargai pendapat dan cara masing-masing, walau tak sepenuhnya setuju.

4. Tujuan Bersama.
Pertengkaran paling buruk adalah bila masing-masing pasangan tak punya tujuan yang sama. Anda perlu memikirkan peristiwa penting dalam kehidupan Anda berdua, yang berkaitan dengan keuangan seperti, melahirkan, pendidikan anak, membeli rumah, merawat orangtua. Diskusikanlah bersama.

5. Menghitung Bersama.
Begitu Anda mulai menetapkan jumlah yang akan ditabung, konsisten dan lakukan berdua. Begitu berhasil, Anda akan merasa bahagia luar biasa.

6. Minta Bantuan.
Bicarakan dengan perencana keuangan untuk membantu mengurangi masalah keuangan yang Anda hadapi. Lebih mudah membicarakan masalah-masalah pelik dengan orang ketiga yang obyektif. Atau, ikuti seminar keuangan berdua pasangan.

7. Jangan saling menyalahkan.
Sebagai contoh, bila pasangan berhutang, jangan bertengkar. Fokuskan saja pada jalan keluar yang akan diambil. Sadarilah, Anda berdua berada dalam satu tim keuangan.

8. Tak Mudah Bicara Soal Uang.
Pada kenyataannya, memang tak mudah membahas soal uang, bahkan lebih daripada pertengkaran itu sendiri. Namun, tetap sisihkan waktu untuk berdiskusi dan jangan berdebat. Meski Anda salah, lebih baik berkomunikasi, daripada tidak sama sekali. Ikuti motto, "Hentikan pertengkaran! Diskusikan permasalahannya!"

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates