-->

Selasa, 11 Mei 2010

Tips Cegah Rambut Rontok dengan Makanan

Merawat rambut sama halnya dengan menjaga kebugaran tubuh. Rambut juga membutuhkan suplemen untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Rambut yang sehat rata-rata bertambah panjang sekitar setengah inci per bulan.

Kekurangan vitamin pada rambut bisa memperlambat pertumbuhannya. Itulah mengapa perlu mengasup suplemen mengandung nutrisi yang baik untuk pertumbuhan rambut seperti zat besi, lemak esensial, dan vitamin B.

Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut rontok. Sebelum menopause, wanita perlu 18 mg zat besi per hari. Menurut WebMd, kebiasaan mengonsumsi makanan kaya besi, seperti brokoli atau ragi bir, membantu menormalkan pertumbuhan rambut. Selain rendahnya asupan zat besi, diet rendah protein dan lemak juga bisa memperburuk kesehatan rambut.

Vitamin B

Tambahan vitamin B, terutama B-12 dan biotin, dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin B-12 membantu memelihara kesehatan kulit kepala dan merangsang pembukaan folikel rambut untuk pertumbuhan rambut baru.

Ted Daly, seorang profesor dermatologi klinis dari Nassau University Medical Center, menyarankan para wanita mengasup 2,4 mcg B-12 dan 3 mg biotin per hari untuk mendorong pertumbuhan rambut. Biotin memainkan peranan penting dalam proses manufaktur rambut agar tak mudah rapuh. Vitamin B-12 bisa ditemukan melalui suplemen atau protein hewan seperti daging dan kuning telur.

Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial (ALE) seperti yang ditemukan dalam lemak ikan, kacang-kacangan dan minyak zaitun memainkan peran penting dalam pertumbuhan rambut. Jika rambut tidak cukup mendapatkan asupan zat gizi ini akan memicu kerontokan, memperlambat pertumbuhan rambut kering, dan membuat rambut mudah rapuh.

Ikan suplemen primrose oil atau minyak biji rami bisa membantu proses pertumbuhan rambut. Pilih suplemen yang menyediakan 3 gram asam lemak esensial per hari dan makanan mengandung Omega 3 dan asam lemak Omega-6 untuk hasil terbaik. (pet)



Sumber
VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates