-->

Minggu, 13 Februari 2011

5 Hal Wajib Dikomunikasikan pada Dokter

VIVAnews - Terkadang perasaan canggung, enggan atau tukut, muncul saat Anda berkonsultasi dengan dengan dokter. Terutama ketika dokter menanyakan soal kebiasaan dan gaya hidup secara detail.

Kebiasaan ini membuat banyak pasien seringkali tidak mengungkapkan informasi kesehatan soal dirinya secara lengkap atau cenderung menutupi. Padahal, informasi kesehatan dari Anda sebagai pasien sangat penting bagi dokter untuk mendiagnosis keluhan kesehatan dengan tepat.

Agar menjadi pasien cerdas, ketahui lima hal yang wajib Anda katakan secara detail pada dokter, seperti dilansir dari CNN.com

1. Vitamin, obat dan suplemen herbal yang dikonsumsi

Obat dan suplemen dapat berinteraksi dengan obat lain dengan cara yang berbeda. Sehingga, terbuka kemungkinan terjadinya efek samping yang berbahaya.

2. Katakan jika Anda merokok

Merokok dan konsumsi minuman beralkohol memiliki dampak langsung pada tubuh Anda. Katakan juga seberapa sering Anda merokok dan mengonsumsi alkohol. Dokter akan lebih memahami masalah kesehatan yang mungkin Anda miliki dan mengarahkan pada obat yang tepat.

3. Perubahan pada tubuh

Jika Anda menyadari ada perubahan dalam tubuh, misalnya benjolan di payudara, tahi lalat yang aneh, juga katakan pada dokter. Atau, hal yang menurut Anda perubahan aneh pada tubuh. Ini sangat penting, karena yang paling tahu tubuh adalah Anda sendiri. Jadi, selalu katakan pada dokter jika ada perubahan, untuk dilakukan pemeriksaan apakah itu berbahaya atau tidak.

4. Depresi atau stres

Jangan segan untuk mengatakan pada dokter kalau Anda sedang stres atau depresi. Itu karena kondisi psikologis berdampak besar pada kesehatan fisik. Bisa saja ia merujuk Anda pada psikolog atau psikiater, agar Anda mendapat penanganan yang tepat.

5. Riwayat kesehatan keluarga

Katakan juga soal riwayat kesehatan keluarga pada dokter Anda. banyak penyakit yang sifatnya genetik, jadi sangat penting bagi dokter untuk mengetahuinya. Ini demi mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates