-->

Minggu, 13 Februari 2011

Bahaya Sepatu Tumit Tinggi Bagi Ibu Hamil

VIVAnews - Sepatu bertumit tinggi memang bisa membuat penampilan lebih seksi. Tetapi jika saat ini Anda sedang berbadan dua, sebaiknya hindari gunakan sepatu model ini. Kebiasaan ini bisa membahayakan kehamilan Anda.

Survei yang dilakukan oleh Society of Chiropodists and Podiatrists (komunitas ahli kelainan dan penyakit kaki) asal Inggris pada 1.000 wanita hamil, menemukan mereka sering mengenakan berbagai jenis sepatu seperti ballet pump, sandal jepit, sepatu tumit tinggi dan Ugg boot.

Dari hasil survei diketahui dari sekian banyak jenis sepatu yang digunakan wanita hamil, tidak ada yang pas. Faktanya, tujuh dari sepuluh wanita hamil mengalami masalah kaki seperti bengkak pergelangan dan kaki, serta nyeri pada tumit. Jadi, menggunakan sepatu yang nyaman dan pas bagi wanita hamil sangat penting.

"Otot dan ligamen wanita hamil melembut dan meregang akibat peningkatan hormon relaksin pada ovarium, yang membuat kaki lebih rentan terhadap pergerakan setiap hari," kata ahli penyakit kaki, Lorraine Jones, seperti dikutip dari BBC.

"Sepatu tumit tinggi mengubah postur tubuh, memperpendek otot betis dan menempatkan tekanan pada punggung dan lutut. Pada kehamilan terjadi tekanan ekstra pada sendi dan bisa masalah pada kaki, membuat tubuh tidak seimbang dan berisiko mudah jatuh," katanya.

Menurut Jones, sebaiknya wanita hamil memilih sepatu dengan tumit 1,2 inchi (3cm). Ini untuk mengalihkan berat badan mereka sedikit lebih maju ke kaki, yang dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan. Lalu, jika memang ingin menggunakan sepatu tumit tinggi, sebaiknya tidak dalam waktu lama.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates