-->

Minggu, 13 Februari 2011

Mandi Menyenangkan Buat Si Kecil

VIVAnews – Sebagian anak seringkali rewel saat akan mandi. Mereka cenderung menolak dengan berbagai alasan, misalnya takut dingin atau takut matanya pedas terkena busa sabun.

Padahal, bagi sebagian anak lainnya, mandi menjadi aktivitas sangat menyenangkan. Bahkan, sampai ada yang menangis saat diminta berhenti main air.

Mandi merupakan aktivitas rutin. Selain bermanfaat untuk membersihkan kulit, juga bisa meningkatkan ikatan antara orangtua dan anak, dikutip dari laman Idiva.

Bila kebetulan putra-putri Anda termasuk anak-anak yang rewel saat hendak dimandikan, ikuti cara-cara berikut ini untuk membuat acara mandi menjadi menyenangkan.

- Letakkan mainan dalam bak mandi

Bila si kecil tak suka mandi, coba tebarkan mainan lucu dalam bak mandinya. Bisa boneka bebek dari karet atau ikan-kanan dengan warna menyala. Cara ini bisa membuat dia sibuk dengan mainan itu sehingga memudahkan Anda untuk memandikannya.

- Bercerita sambil mandi

Anak-anak menyukai dongeng. Soalnya, mereka suka membayangkan segala sesuatu saat mendengarkan sebuah cerita, terutama bertema petualangan. Jadi, biarkan dia berpikir bahwa mandi juga sebagai bagian dari dongeng.

Mintalah si kecil untuk berdiri di bawah pancuran, lalu ceritakan bahwa seolah-olah dia sedang kehujanan. Lalu, suruh dia menutup mata dan merasakan dinginnya hujan membasahi tubuh. Anda bahkan bisa menggunakan mainan untuk menambah cerita.

- Sabun dan busa

Banyak anak-anak enggan mandi menggunakan sabun karena bisa menyebabkan pedih di mata. Untuk menghindarinya, Anda harus memilih sabun tepat. Pastikan sabun itu lembut di kulit.

Selain itu, Anda juga bisa Anda membeli sabun mandi berbusa. Membuat busa di bak mandinya dapat membuat si kecil betah di bak mandi. Dengan catatan busanya tidak menyebabkan pedih.

- Luangkan waktu memandikan si kecil

Nikmatilah saat-saat memandikan si kecil dengan tangan Anda sendiri, karena kegiatan ini akan meningkatkan ikatan emosi Anda berdua.

Momen memandikan si kecil bisa menjadi saat yang tepat untuk bertukar cerita dengannya, baik tentang teman maupun aktivitasnya di sekolah. (pet)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates