-->

Senin, 18 Januari 2010

Tips Anti Karat Untuk Mobil

1. Titik rawan. Pemicu timbulnya karat mobil ini biasanya terjadi akibat kesalahan pemilik dalam merawat, seperti ketika mencuci mobil mengakibatkan adanya sisa air yang tidak terlihat sehingga mngendap lama di bagian body mobil dan membiarkan terlalu lama mobil dalam keadaan kotor setelah terkena hujan. Bagian yang sering terlewat dan sulit untuk dilakukan pengecekkan adalah seperti bagian boi yang tertutup karet atau karpet, sepertu celah bidi, bagian bawah/spakbor, lantai, engsel pintu dan jika mobil menggunakan roof rack, bagian mobil yang tertutupi atau dijepit mounting-nya juga menjadi titik rawan terkena karat.

2. Antisipasi awal. Jika telah terlanjut ada beberapa bagian bodi yang terserang karat, secepatnya langsung lakukan perbaikan bodi mobil yang terkena karat mobil di bengkel body repair, karena mereka lebih tahu solusinya dan lebih rapi dalam pengerjaannya. Untuk bagian yang hanya terkena sedikit karat mungkin masih dapat dilakukan penganggulangan sendiri, karena saat ini sudah banyak diperdagangkan cat dalam botol kecil seperti cat kuku yang memang khusus untuk melapisi bodi mobil yang terkena karat pada area kecil agar tidak melebar, cth anti karat tuff kote dinol.

3. Penanganan lanjut. Kalau karat sudah melebar dan banyak sebaiknya pemilik segera merujuk ke bengkel untuk mendapatkan penganganan yang baik. Dalam penanganan karat cth dengan anti karat mobil, biasanya yang pertama dilihat adalahkondisi parahnya karat yang menggerogoti mobil, kemudia ***kur juga tingkat kerusakannya, setelah itubagian yang terkena karat dipotong dan ditutup kembali memakai plat besi baru melalui proses pengelasan.

4. Finishing akhir. Setelah selesai dengan pengelasan, plat baru dilapisi dengan anti karat, pengerjaannya pun lumayan memakan waktu 2 minggu hingga 3 minggu, tergantung dari tingkat kerusakan karat. Untuk perbaikan umumnya setiap bengkel menaruh harga yang berbeda-beda dengan kisaran rp 1-3 juta rupiah.

5. Mulai dari anda sendiri. Sebagai langkah untuk mencegah timbulnya karat, sudah seharusnya pemilik mobil menggunakan produk anti karat. Produk anti karat ini sudah beredar banyak di pasaran, khususnya di toko-toko yang menjual cat mobil. Umumnya untuk bengkel-bengkel body repair masih mempergunakan beberapa produk antikarat khusus yang laris di pasaran dengan sistem coating atau pelapsan. Selain sistem pelapisan, saat ini juga telah ada produk antikarat yang menggunakan sistem elektronik, akan tetapi untuk keefektifannya sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada bengkel body repair.


Http://tipsanda.com

Artikel Yang Berhubungan



1 komentar:

Ahmad Sriyono mengatakan...

bagus, menarik, tambah ilmu

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates