-->

Sabtu, 16 Januari 2010

Tips n Trik Sidang Skripsi S1

Berikut tips2nya…

1. Berdoa dulu sebelum sidang.
2. Salah satu poin penting dari sidang adalah presentasi! siapkan presentasi Anda sebaik mungkin. Waktu presentasi hanya 15 menit, oleh karena itu harus latihan dulu. Latihan presentasi di ruangan besar dan kalau bisa di hadapan orang2.

3. Jangan terlalu technical. Anggaplah kita sedang menawarkan suatu produk bisnis pada para calon client dan mereka gak tau apa2 tentang apa yang kita tawarkan.
4. Kesimpulan yang ditulis pada presentasi dan pada buku, jangan ngambang!
5. Kalau ada revisi pada halaman2 tertentu, berikanlah sebelum presentasi. Dengan demikian dosen akan melihat terlebih dahulu dan mempelajarinya sebelum mulai sesi tanya jawab.
6. Sewaktu tanya jawab, jangan gugup. Wajah jangan tegang.
7. Ketika tanya jawab, jawaban Anda juga gak boleh ngambang. Semuanya harus berdasar. Semua yang Anda tulis di buku skripsi harus berdasar semua.
8. jangan menjelaskan terlalu pendek ketika tanya jawab. Jelaskanlah apa yang ditanyakan sebisa Anda.
9. Kalau bisa demo, demokanlah hasil penelitian Anda pada dosen untuk lebih memberikan gambaran pada dosen penguji, apa yang Anda buat.
10. Sopanlah sejak mulai presentasi hingga tanya jawab. Gunakan bahasa2 yang formal. Ucapkan salam pada awal presentasi dengan menyebutkan nama2 dosen penguji kalau bisa.
11. Kalau sidangnya bertiga, jangan menjatuhkan jawaban dari teman Anda.
12. Salah satu poin penting dari skripsi Anda ialah apa kontribusi dari penelitian Anda dari yang selama ini sudah ada. Apakah Anda meningkatkan dunia ilmu pengetahuan, mengembangkan metode tertentu atau menjadi solusi masalah yang ada
13. Jangan malu2 mengatakan kalau skripsi Anda masih belum sempurna. Di bagian saran, beritahukanlah kekurangan dari skripsi Anda dan apa yang diperlukan untuk pengembangan lebih lanjut untuk penelitian berikutnya.
14. Jangan lupa ke wc dulu sebelum sidang. Bisa berabe kalau pengen ke wc sewaktu sidang.
15. Berpenampilan rapi dan tunjukkan bahwa Anda sudah siap menjalani sidang. Jangan ada yang ketinggalan ini itu dan lupa ini itu.


Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates