-->

Minggu, 01 November 2009

Cumi-cumi Bergerak Cepat, Kenapa?

Adik-adik pasti tahu cumi-cumi kan. Binatang laut, yang rasanya lezat kalau dimasak aneka masakan. Adik-adik tentu tahu, kalau tubuh cumi-cumi mengandung tinta berwarna hitam. Selain itu, ternyata cumi-cumi juga bisa bergerak cepat, mengapa ya?


Cumi-cumi adalah binatang yang hidup di perairan. Cumi-cumi termasuk hewan yang tidak mempunyai tulang belakang. Cumi-cumi mempunyai tubuh lunak yang ditutupi lapisan kulit menyerupai jaket tebal. Di bawah lapisan kulit tebal itu, air di sekitar cumi-cumi bisa tersedot dan disemburkan keluar oleh otot-otot kuat, sehingga cumi bisa bergerak mundur. Cumi-cumi juga bisa berenang dengan cepat.
“Cumi mengeluarkan tinta untuk melindungi diri dari serangan musuh,” sebut Ardian, 10, tinggal di Solo.
Cumi-cumi mengeluarkan tinta untuk meloloskan diri dari serangan musuh. Tak hanya itu lho! Binatang tersebut juga bisa bergerak cepat untuk bisa lolos dari sergapan musuh. Seperti dikutip dari berbagai sumber, kecepatan berenang cumi-cumi sekitar 2 km/jam bahkan untuk jarak jauh sekitar 11 km/jam, atau seperti halnya ketika adik-adik sedang mengendarai sepeda angin! Mengapa?
Seperti dikutip dari www.coremap.or.id Bila ditelusuri lebih lanjut, mekanisme gerak cepat cumi-cumi memang rumit. Pada kedua sisi kepala cumi-cumi terdapat lubang yang bentuknya mirip kantong. Air disedot melalui lubang lalu masuk ke dalam rongga berbentuk tabung atau silinder yang ada di tubuhnya. setelah air disedot, lalu cumi-cumi menyemburkan air itu keluar dengan tekanan tinggi melalui sebuah pipa kecil yang terletak persis di bawah kepalanya. Inilah yang menyebabkan cumi-cumi bisa bergerak cepat dalam arah berlawanan.
Cara berenang cepat dalam arah berlawanan ini tak cuma dilakukan cumi-cumi saat melepaskan diri dari sergapan musuh lho! Termasuk juga ketika cumi-cumi berburu mencari makan. Nah sekarang sudah tahu kan? Hebat juga yah cumi-cumi itu. - Oleh : Oleh: Kak Rys

Artikel Yang Berhubungan



1 komentar:

esufiver mengatakan...

mau trik bikin situs donk>>>

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates