-->

Rabu, 02 Juni 2010

Kenali Lima Pemicu Sulit Konsentrasi


ANDA salah meletakkan kunci, terus berpindah antara tugas dan YouTube, serta menghayal saat sedang berbincang? Kadang-kadang hal ini normal saja, terutama mengingat kehidupan yang kadang sangat melelahkan. Tapi, bagaimana cara mengetahui jika Anda mengalami gangguan serius? Untuk orang dewasa penderita attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), gangguan konsentrasi ini sangat merugikan.

"Kami melihat ada orang dewasa yang terdiagnosis saat berusia 38," tutur Timothy Wilens MD dari Harvard Medical School."Ini merupakan usia di mana orang-orang semakin multitasking, mempunyai semakin banyak tanggung jawab dalam keluarga dan pekerjaan sehingga memperburuk kemampuan untuk tetap fokus dan peka," terang Wilens, seperti dikutip situs health. com.

Tapi, terang Wilens, tidak semua orang yang lupa janji atau hal-hal lain menderita ADHD. Banyak alasan yang bisa membuat Anda kehilangan fokus. Berikut lima hal yang bisa mengikis perhatian.

Kelebihan teknologi
BlackBerry, komputer, ponsel dan iPod bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda. Tidak aneh jika perhatian Anda selalu terbagi. Hingga beberapa tingkat tertentu, otak bisa berperan sebagai seketaris, membantu Anda tetap terarah dan mengatur waktu. Tapi, menurut temuan studi, semakin banyak tugas yang coba Anda lakukan, semakin sulit Anda fokus pada satu tugas.

Anda bisa meredakan gangguan ini dengan mempelajari keterampilan mengorganisasi dasar, seperti menuliskan semua tanggung jawab dan membuat perencanaan harian. Karena itu, cobalah mengalihkan perhatian dari TV, internet dan email. Sediakan waktu bebas dari teknologi, misalnya setelah makan malam atau sebelum jam tidur.

Kurang tidur
Kurang tidur (kurang dari tujuh atau delapan jam semalam) akan membuat Anda mudah marah, pikiran kacau dan kesulitan mengatur aktivitas sehari-hari. Kondisi tersebut, terang Wilens, merupakan reaksi normal."Dengan istirahat cukup, Anda akan kembali fokus."

Tidak puas dengan pekerjaan
Setiap orang tentu saja pernah tidak puas dengan pekerjaan mereka. Ketidakpuasan ini bisa dipicu oleh presentasi klien yang tidak bagus atau hasil review atasan yang buruk. Dan jika lingkungan kerja yang tidak terorganisir dan proyek yang membosankan membuat Anda sulit fokus, ini benar-benar normal. Tapi jika Anda terus-terusan tidak bisa mengerjakan proyek dan selalu tidak bisa memenuhi deadline, kemungkinan Anda memerlukan perawatan medis atau pekerjaan baru.

Terlalu banyak stres
Stres, terang Wilens, merupakan penghambat konsentrasi."Stres bersaing dengan pusat kognitif Anda, area di otak yang bertanggung jawab untuk pikiran yang cepat dan tajam. Jadi, kecemasan dan stres akan merusak fokus Anda."Jika mengalami hal ini cobalah melakukan teknik relaksasi. Cara ini dinyatakan bisa membantu meningkatkan kemampuan Anda menghindari pemecah fokus.

Kurang olahraga
Sejumlah bukti menunjukkan bahwa olahraga teratur bisa menjaga ketajaman otak dan meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat."Semua pasien yang berolahraga melaporkan mengalami perbaikan perhatian," terang Wilens. Selain itu, aktivitas fisik juga bisa membantu Anda membakar kalori ekstra yang membuat Anda tidak nyaman. Di samping itu, olahraga juga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. (IK/OL-08)


Sumber
MediaIndonesia.com


Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates