-->

Selasa, 15 Juni 2010

Lima Langkah Tangani Rematik Arthritis

HINGGA saat ini, belum ada obat yang bisa menyembuhkan rematik arthritis (RA) sepenuhnya. Pengobatan umumnya ditujukan untuk mengurangi peradangan persendian dan rasa sakit, mencegah kerusakan persendian, dan memaksimalkan fungsi persendian. Pengobatan intensif sebaiknya dimulai sedini mungkin.

Pengobatan meliputi kombinasi obat-obatan dan olahraga untuk menguatkan otot-otot pendukung di sekitar persendian. Selain itu, RA juga bisa ditangani dengan operasi. Pengobatan umumnya didisain khusus per individu sesuai dengan usia, area persendian yang terserang, dan tingkat keparahan penyakit.

Obat-obatan RA
RA bisanya ditangani dengan obat-obatan termasuk, disease-modifying antirheumatic drugs (DMARDs) yang meliputi biologics, nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs), steroids, dan analgesics (obat-obat penghilang sakit).

Operasi
Setelah mengalami kerusakan persendian yang signifikan atau saat rasa sakit atau gangguan gerak yang ditimbulkan sudah tidak bisa ditahan, beberapa orang memilih operasi untuk memperbaiki fungsi dan meredakan rasa sakit. Penggantian persedian merupakan bentuk operasi yang paling sering dilakukan pada pasien RA (persendian lutut dan pinggul paling sering diganti).

Pengobatan lain
Beberapa pasien RA melaporkan merasa lebih baik setelah mencoba uap panas, teknik relaksasi dan akupunktur. Akan tetapi, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa herbal atau suplemen diet efektif mengobati RA. Pastikan berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai menggunakan pengobatan pelengkap atau alternatif.

RA dan diet
Cobalah mengonsumsi diet dengan kandungan nutrisi seimbang. Meskipun belum ada diet khusus untuk radang sendi, penderita RA menyatakan merasa lebih baik dengan mengonsumsi atau menghindari makanan tertentu.

Makanan tinggi lemak jenuh (bacon, steak dan mentega) terbukti meningkatkan peradangan dalam tubuh. Beberapa pasien menemukan bahwa diet kaya omega-3 (salmon, tahu, kenari) bisa membantu. Beberapa orang melaporkan bahwa makanan seperti tomat, buah sitrus, kentang, cabai, kopi dan produk susu, memperburuk gejala RA.

Olahraga
Melatih persendian yang kaku dan sakit secara teratur bisa mengurangi rasa sakit akibat RA. Selain itu, olahraga bisa menjaga agar tulang dan otot tetap kuat. Pilihlah olahraga seperti peregangan, latihan kekuatan dan aerobik low-impact (berenang dan aerobik air). Hindari olahraga yang membebani persendian, seperti jogging dan angkat beban berat. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum memulai program olahraga.


Sumber
MediaIndonesia.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates