-->

Kamis, 12 November 2009

Tips Memilih Lokasi Pabrik

Pemilihan jual pabrik yang akan dijual secara umum digolongkan menjadi tiga motivasi. Karena permintaan pasar, karena ketersediaan bahan baku yang berlimpah serta karena tersedianya teknologi baru. Bisa jadi motivasi untuk dijual pabrik murah merupakan kombinasi dua jenis motivasi di atas atau bahkan kombinasi ketiga-tiganya sekaligus.


Jual pabrik / jual factory karena permintaan pasar yang meningkat merupakan motivasi yang sangat lazim dan sesuai dengan hukum ekonomi. Hal yang perlu diselidiki lebih lanjut adalah apakah lonjakan permintaan pasar tersebut akan stabil terus meningkat di masa datang, atau ada alasan-alasan khusus yang mempengaruhi pasar mesin pabrik, seperti alasan tidak stabilnya politik negara, embargo ekonomi, atau kecelakaan-kecelakaan yang dialami produsen mesin pabrik lain, calon saingan, yang menyebabkan produsen tersebut menurunkan produksi pabrik dalam jual factory.

Perlu data akurat dan analisis pasar yang jeli dari orang-orang yang berpengalaman untuk memastikan kestabilan peningkatan permintaan pasar tentang produksi pabrik.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kapasitas produksi produksi itu calon-calon saingan dari menjual pabrik murah. Bisa jadi saingan tersebut sudah mengantisipasi lebih dahulu dan sudah mulai meningkatkan kapasitas pabrik tersebeut untuk menjual bangunan pabrik sebagai usaha mencuri start.
Motivasi menjual pabrik tepung karena ketersediaan bahan baku merupakan motivasi yang sangat diharapkan dan didukung oleh pemerintah Indonesia. Fakta bahwa negara Indonesia punya sumber daya alam yang beraneka ragam dan berlimpah tidak perlu dipertanyakan lagi. Penggunaan bahan baku untuk proses produksi pabrik yang hanya ada di Indonesia akan meningkatkan daya saing pabrik tersebut. Bahan baku dari bidang pertanian menjanjikan keunggulan tersebut karena ada banyak jenis tumbuhan yang hanya bisa tumbuh alami di Indonesia.

Hanya saja motivasi seperti ini memerlukan pemikiran yang kreatif, pemahaman terhadap teknologi pabrik kimia yang handal serta orang-orang yang memiliki visi tangguh. Tantangan lain adalah teknologi pabrik yang akan digunakan bisa jadi teknologi pabrik yang benar-benar baru atau teknologi lama yang perlu banyak modifikasi sebelum jual pabrik tepung.

Literatur juga terbatas disebabkan negara-negara maju jarang menyelenggarakan penelitian pengembangan teknologi pabrik untuk mengolah bahan baku produksi pabrik yang tidak ada di dalam negerinya. Karena itu motivasi jenis ini memerlukan serangkaian penelitian dan pengkajian teknologi pabrik sebelum menjual pabrik.
Negara-negara maju saat ini berlomba-lomba jual bangunan pabrik karena motivasi tersedianya suatu teknologi baru. Ketersediaan teknologi baru tidak hanya sekadar menyuguhkan suatu teknologi proses yang lebih hemat tapi bisa juga suatu produk baru. Hal ini bisa meningkatkan prestise negara tersebut di mata dunia.

Pembangunan pabrik Compact Disc (CD) misalnya, adalah sebuah contoh dalam jual pabrik murah yang dibangun karena ketersediaan suatu teknologi pabrik tersebut dan pengetahuan yang menyeluruh mengenai sinar laser dan apa yang mampu sinar laser akibatkan pada struktur kristal. Tapi tetap saja motivasi jenis ini butuh ide-ide yang cemerlang dan inovatif, yang percaya kalau fenomena sinar laser bisa digunakan sebagai sarana penyimpanan dan pembacaan data digital. Tidak semua teknologi mesin pabrik baru bisa dikembangkan menjadi pabrik dengan produk baru.
Intinya, ketiga motivasi untuk menjual bangunan pabrik itu bisa berbuah menjadi sebuah pabrik apabila motivasi itu terdapat pada diri orang yang paham teknologi, punya visi tangguh, berani bersaing, memperhitungkan resiko dan berani menerima resikonya serta mau bekerja keras setelah menjual pabrik tepung tersebut.

http://www.kimianet.lipi.go.id/

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates