-->

Jumat, 06 November 2009

Bagaimana Cara Mengatasi Virus 'Piglet'?

Sebuah virus yang dijuluki 'Piglet' ditemukan beredar via Flash Disk. Virus ini memblokir fungsi Windows dan menghilangkan opsi di Folder Option.
Bagaimana cara mengatasi virus ini? Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah virus yang dikenali sebagai Worm:VBWorm.NOI atau juga Piglet ditemukan beredar. Ciri utamanya, terdapat file bernama "AVG 2007" di setiap Drive termasuk di Flash Disk. Ciri lain virus ini, terdapat file bernama "W32.Piglet II.jpg" di Flash Disk.


Virus ini akan memblokir beberapa fungsi Windows serta beberapa tools security. Ia juga akan menghilangkan beberapa opsi yang terdapat pada Folder Option. Virus ini menyebar via Flash Disk untuk mempercepat proses penyebarannya. Bagaimana cara mengatasi virus tersebut?

1. Putuskan hubungan komputer yang akan dibersihkan dari jaringan.

2. Matikan fitur Autorun pada Drive Anda. Hal ini dilakukan agar virus ini tidak aktif ketika user mengakses ke setiap Drive atau Flash Disk.

3. Matikan proses virus yang aktif di memori. Untuk mematikan proses virus tersebut Anda dapat menggunakan tools pengganti Task Manager seperti Currprocess, kemudian matikan proses dengan nama Notepad.scr dengan icon antivirus AVG.

4. Hapus string registry yang sudah dibuat oleh virus. Untuk mempermudah proses Repair registry dengan menyalin script berikut pada program notepad kemdian simpan dengan nama Repair.inf, jalankan file tersebut dengan cara:


- Klik kanan Repair.inf
- Klik Install

5. Hapus file induk yang sudah dibuat oleh virus dengan terlebih dahulu menampilkan file yang disembunyikan. Kemudian hapus file berikut:


C:\msvbvm60.dll [Disetiap Drive/Flash Disk]
C:\Desktop.ini [Disetiap Drive/Flash Disk]
C:\AVG_update_2007.exe [Disetiap Drive]
C:\AVG 2007.exe [Disetiap Drive/Flash Disk]
C:\Autorun.inf [Disetiap Drive/Flash Disk]
C:\update [Disetiap Drive/Flash Disk

Folder.htt

C:\Windows\msvbvm60.dll

C:\windows\Resources\system.scr

C:\windows\system32

notepad.scr

proposal.scr

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates