-->

Selasa, 03 November 2009

Tips Memperindah Blog

Ibarat rumah, blog desainnya harus bagus agar pengunjungnya terus betah berkunjung. Selain desain, bagian penting yang harus kita perhatikan adalah bagian finishing. Agar blog kita tampak bagus, perlu kiranya untuk menambahka pernak-pernik sesuai dengan kesenangan kita.

Salah satu caranya adalah dengan menambahkan widget (aplikasi kecil) yang biasa diletakkan di sisi kanan atau kiri blog. Misalnya kita bisa menambahkan widget counting down suatu peristiwa, peringkat blog kita, jumlah statistik, banner twitter, badge facebook dan lain-lain.

Jika kita buka www.widgetbox.com di sana tersedia ratusan widget yang bisa kita pakai dengan gratis. Bahkan tidak perlu register untuk mendapatkan scriptnya. Contohnya widget tentang video, humor, ramalan cuaca, foto bahkan mp3 al quran 30 juz dengan terjemahan bahasa indonesia.

Selain dengan widget, kita bisa memperindah blog dengan menyisipkan rss berita-berita yang bisa kita ambil dari detikcom, detiknews, detiksport, detikot dan lainya. Atau jika berminat, juga bisa menambahkan komentar terbaru, postingan terbaru, blogroll (list link) atau kalender acara yang sudah disediakan oleh blogdetik.

Namun harus hati-hati. Tidak perlu kita memasang semua widget yang ada. Pilih salah satu atau dua yang sekiranya mendukung isi maupun tampilan blog kita. Karena kalau kita memasang secara sembarangan akan berpengaruh pada kecepatan loading kita. Jadi jangan sampai tampilan blognya sangat bagus namun tak bisa dibuka, sia sia bukan?

Cara memasang widget cukup mudah. Setelah Anda login, pilih menu “appearance/tampilan” lalu klik widget. Akan muncul tampilan banyak menu. Pada menu “Text klik “Add” maka otomatis akan muncul satu kotak warna biru yang berada di sebelah kanan. Klik “edit”. Langkah selanjutnya, “paste” kan script yang akan kita pasang.

Langkah terakhir, jangan lupa untuk menyimpan apa yang telah kita ubah barusan. Seakrang blog anda akan tampak lebih indah dan informatif. Sehingga pengunjung akan terus balik berkunjung, jika rajin mengupdate. Happy Blogging.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates