-->

Selasa, 03 November 2009

Tips wirausaha

Apabila anda sebagai seorang “wirausaha” hal yang harus anda perhatikan adalah sejauh mana kemampuan anda dalam mewujudkan suatu gagasan menjadi sesuatu yang “nyata/kenyataan” . Dan pada gilirannya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Keberhasilan anda dalam berwirausaha bukan hanya dalam bentuk uang, tetapi dapat juga sebagai tolok ukur keberhasilan dalam setiap usaha. Walaupun keuntungan dalam setiap usaha merupakan hal penting yang perlu guna kelanjutan usaha anda.

Ukuran yang dapat anda gunakan untuk mengetahui keberhasilan anda dalam berwirausaha antara lain : Kelangsungan hidup perusahaan, kesiapan menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya, kemampuan meningkatkan kesejahteraan, kemampuan meningkatkan kualitas hidup pemakai produk dan kemampuan memperbaiki kualitas lingkungan usaha.

Untuk dapat mewujudkan keberhasilan tersebut anda sebagai wirausahawan perlu memiliki dan memanfaatkan sejumlah kualitas diri yang merupakan pengembangan pribadi anda, yaitu :

1. Motivasi diri untuk berprestasi secara maksimal.

Tujuan dalam tindakan anda selalu anda arahkan kepada keberhasilan usaha anda, dan tingkah laku anda selalu berorientasi pada pencapaian prestasi hasil kerja.

2. Kemampuan dalam Memimpin

Anda harus selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan anda bagaimana cara memimpin yang efektif sesuai dengan tingkat kematangan dan situasi yang dihadapi.

3. Berfikir Kreatif dan Penuh Inisiatif

Memiliki kemampuan untuk menemukan hal-hal baru dan mampu mencari alternatif pemecahan masalah.

4. Berwawasan ke Depan

Dengan mempunyai wawasan ke depan berarti anda mempunyai wawasan yang berorientasi ke masa depan yaitu antisipasi ke masa yang akan datang, dengan demikian diharapkan anda mampu menentukan tujuan dan rencana untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

5. Keberanian dalam Mengambil Keputusan

Anda sebagai wirahusahawan harus mampu dengan cepat dan tepat mengambil keputusan dalam menghadapi berbagai masalah.

6. Keberanian Mengambil Resiko yang Moderat

Anda mampu dan dapat melihat peluang keberhasilan dan kegagalan dalam usaha sehingga ada keberanian untuk memilih resiko yang moderat.

7. Kemampuan Bekerjasama

Kesediaan anda dalam memahami kelemahan orang lain dan berorientasi pada pencapaian tujuan kelompok dalam menyelasikan suatu masalah.

8. Kemampuan Bekerja Secara Mandiri

Anda harus siap untuk melakukan tugas tanpa dukungan ataupun bantuan orang lain.

9. Kemampuan Berkomunikasi

Kesediaaan anda untuk menjadi pembicara dan pendengar yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain.

10. Bersikap Optimis

Sikap pantang menyerah dalam menghadapi rintangan dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai adalah suatu sikap yang harus anda miliki apabila anda sebagai seorang wirausahawan.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates