-->

Selasa, 23 Maret 2010

Tips Mengusir Pegal di Kantor

Pegal memang membuat tubuh tidak nyaman, badan terasa kaku dan tegang, terutama di daerah leher dan punggung. Namun, anda tidak perlu resah, ada beberapa latihan ringan yang bisa mengusir pegal di tubuh tanpa perlu meninggalkan kantor.

Pekerjaan yang menumpuk akan membuat anda merasa dikurung di dalam kantor. Jangankan untuk olahraga, kadang untuk makan siang pun sudah tidak ada selera lagi. Hal ini tentu akan menganggu metabolisme dan otot-otot di dalam tubuh. Di samping itu, orang-orang juga sering bekerja dengan postur tubuh pada posisi yang tidak benar. Posisi yang salah inilah yang kadang membuat mereka merasakan badan pegal-pegal, cepat lelah dan lesu. Postur tubuh yang baik adalah penting untuk membuat anda nyaman dan tidak menyebabkan nyeri otot atau merasa lelah. Tubuh harus dapat berdiri dengan tegak sehingga tulang menopang tubuh dengan baik.

Namun, sesibuk apapun pekerjaan anda, sebaiknya di tempat kerja anda mengusahakan agar bisa melakukan gerakan-gerakan melemaskan otot leher dan punggung yang diakibatkan kurangnya aktivitas gerak selama bekerja. Latihan-latihan itu tidak membutuhkan waktu lama dan bisa dilakukan di ruangan kerja anda. Beberapa gerakan berikut ini dapat anda lakukan di meja kerja sendiri, sehingga anda akan tampak lebih segar dan bugar, menghilangkan pegapegal dan ketegangan otot. Serta mendapatkan postur tubuh yang baik.

1. Neck Side Stretch

Duduk tegak, pandangan lurus ke depan, lalu gerakkan kepala ke kanan. Dengan tangan kanan, tarik kepala ke arah kanan dengan pelan untuk melenturkan otot-otot leher samping. Tahan posisi ini selama 10 detik dan ulangi 3 kali. Lakukan hal yang sama ke arah kiri.

2. Back Stretch

Duduk tegak, pandangan lurus ke depan, lalu letakkan kedua tangan di belakang kepala. Tarik napas dalam-dalam sambil membusungkan dada. Tahan postur ini selama 10 detik, ulangi 3 kali.

3. Wrist Extension Stretch

Ulurkan tangan kanan lurus ke depan. Tekuk tangan pada pergelangan sehingga telapak mengarah ke bawah. Dengan tangan kiri, tarik telapak dan jemari kanan ke arah Anda. Tahan selama 20-15 detik dan ulangi 2-3 kali. Lakukan hal yang sama dengan tangan kiri.

4. Wrist Flexion Strech

Ulurkan tangan kanan lurus ke depan. Tekuk tangan pada pergelangan sehingga telapak mengarah ke atas. Dengan tangan kiri, tarik telapak dan jemari kanan ke arah Anda. Tahan selama 10-15 detik, ulangi 2-3 kali. Lakukan hal yang sama dengan tangan kiri.

5. Back Extension Stretch

Sambil berdiri, ulurkan kedua tangan lurus ke belakang. Genggam kedua tangan lalu tarik ke atas sambil membusungkan dada. Tahan selama 10-15 detik, ulangi 2-3 kali.

6. Front Flexion Stretc

Duduk tegak, lalu ulurkan kedua tangan lurus ke depan. Dorong kedua tangan ke depan sambil menekan perut. Tahan selama 10-15 detik, ulangi 2-3 kali.

7. Chair Squat

Dimulai dengan berdiri tegak, kedua tangan diangkat lurus ke depan. Dengan perlahan, dorong bokong Anda ke arah kursi seolah akan duduk, tetapi berhenti sebelum bokong menyentuh kursi. Lalu naik kembali ke posisi semula. Lakukan 10-15 kali sebanyak 3 set.

8. Open And Close Hands

Dalam posisi duduk tegak, tekuk kedua telapak tangan Anda dan tahan selama beberapa detik. Kemudian buka kedua telapak tangan sambil berdiri melemaskan jemari sejauh mungkin.

9. Desk Chest Press

Letakkan kedua tangan yang terulur sejauh dada di ujung meja dengan badan lurus, dada tegak. Turunkan dengan pelan badan Anda dengan menekuk siku ke arah luar sampai tegak lurus dengan tubuh Anda, lalu kembali ke posisi semula. Lakukan 10-15 kali sebanyak 3 set.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates