-->

Kamis, 02 Juni 2011

Cara Detoksifikasi Tubuh dari Nikotin

MEROKOKselama ini dikenal sebagai kebiasaan yang tidak sehat karena memaparkan banyak zat adiktif dan racun ke dalam tubuh. Termasuk polusi yang bisa menyebabkan kesehatan seseorang memburuk dari waktu ke waktu.
Karbon monoksida dan tar dalam rokok juga sangat merusak tubuh manusia. Karbon monoksida merusak sel sehat dengan mencegah oksigen berperan mengisi dan menyembuhkan. Adapun tar melapisi paru-paru, membuat orang lebih rentan terhadap penyakit pernapasan seperti emphysema dan bronkitis.

Tak hanya perokok, bahaya ini juga berlaku bagi mereka yang sering terpapar asap rokok. Mau membersihkan diri Anda dari paparan nikotin? Berikut caranya seperti dikutip dari eHow.com:

1. Pertama, jika Anda merokok, berhentilah. Bila serius ingin mendetoksifikasi tubuh dari racun nikotin, Anda seharusnya mempertimbangkan segala cara yang diperlukan untuk berhenti merokok. Ada beberapa cara berhenti merokok, bisa melalui terapi, permen, atau hipnosis.

2. Minum banyak air. Ini akan membantu untuk mengelurkan racun dan nikotin yang telah terakumulasi dalam tubuh Anda setelah bertahun-tahun merokok.

3. Makanlah makanan yang kaya serat untuk membersihkan perut dan sistem pencernaan. Nikotin mungkin telah melemahkan sistem ekskretoris yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan limbah dari tubuh. Mengkonsumsi serat akan memungkinkan Anda untuk memiliki gerakan usus rutin yang akan membersihkan sistem metabolisme tubuh.

4. Mempertahankan pola makan sehat yang meliputi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan makanan kaya antioksidan seperti buah beri. Hindari alkohol, soda, kafein dan makanan yang digoreng. Mengkonsumsi gizi dan makanan kaya antioksidan akan membantu memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh karbon monoksida dalam rokok.

5. Memperkuat paru-paru dengan melakukan latihan pernapasan setiap hari. Duduklah di tempat yang tenang dan nyaman. Buat tubuh rileks dan tarik napas panjang melalui hidung dan hembuskan napas melalui mulut selama sekitar 5 sampai 10 menit. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates