-->

Selasa, 07 Juni 2011

Lihat Warna Merah Kuatkan Fisik

STUDI baru menemukan bahwa ketika seorang manusia melihat warna merah, reaksi mereka menjadi lebih baik, cepat, dan kuat. Tak percaya? Temuan dimungkinkan memiliki aplikasi pada olahraga dan kegiatan lain yang membutuhkan kekuatan dan kecepatan seperti angkat besi.

Tetapi peneliti mengingatkan bahwa peningkatan energi karena pengaruh warna bisa membuat seseorang berumur pendek. "Warna merah meningkatkan reaksi fisik kita karena dianggap sebagai isyarat bahaya," kata salah satu peneliti Andrew Elliot, profesor psikologi di University of Rochester seperti dikutip dari Times of India (3/6). "Manusia akan cenderung akan bersemangat ketika marah atau mempersiapkan serangan. Kecenderungan itu akan meningkat saat melihat warna merah," katanya.

Namun, menurut Elliot, ancaman bagaikan pedang bermata dua. Seiring dengan memobilisasi energi ekstra, kondisi ini juga akan membangkitkan rasa khawatir dan kondisi lain yang berpengarh pada kejiwaan," jelas mereka dalam studi.

"Warna memang memengaruhi kita dalam banyak hal, bergantung pada konteksnya," kata Elliot yang penelitiannya juga telah mendokumentasikan bagaimana pria dan perempuan secara tidak sadar tertarik dengan lawan jenis ketika mereka memakai pakaian berwarna merah. "Efek warna tersebut memang dibawah radar kesadaran kita," katanya. Studi ini diterbitkan dalam edisi terbaru jurnal Emotion edisi Juni 2011. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates