-->

Selasa, 07 Juni 2011

Redakan Nyeri Gigi dengan Cengkeh

CENGKIH dapat dengan mudah ditemukan di daerah tropis. Selain lebih popular sebagai salah satu bahan pembuat rokok, cengkih juga mampu untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah sakit gigi.

Selama ini minyak cengkih banyak digunakan oleh dokter gigi sebagai obat penghilang rasa sakit. Selain itu, tanaman ini juga digunakan dalam farmasi, penyedap makanan, dan wewangian.

Sifat kimia dan efek farmakologis dari cengkih adalah sifatnya yang hangat, rasanya yang berkhasiat sebagai stimulan yang tajam, aromatik, antiseptik, anestetik lokal, menghilangkan kolik, dan obat batuk. Kandungan kimia dari cengkih adalah karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1, lemak, protein, dan eugenol.

Sebagai obat tradisional, cengkih memiliki khasiat meredakan sakit gigi, sinusitis, mual dan muntah, kembung, pilek, sakit kepala, sakit maag, batuk, menstruasi tertunda, rematik, campak, dan lain-lain.

Untuk mengatasi sakit gigi, cobalah cara berikut. Gigi yang berlubang diisi dengan kapas yang telah ditumpahkan dengan minyak cengkih. Atau, ambil 10 butir cengkih lalu disangrai sampai halus, digiling halus, dan dimasukkan ke dalam rongga yang nyeri kemudian ditutup dengan kapas. Lakukan ini dua kali sehari niscaya rasa nyeri pada gigi akan mengilang. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates