-->

Jumat, 10 Juni 2011

DI negeri yang masih didominasi oleh budaya patriarkat seperti Indonesia, kaum perempuan harus mampu mandiri. Salah satunya, dengan mengembangkan talenta yang dimiliki.

Hal itu disampaikan Martha Tilaar, pendiri Martha Tilaar Group, dalam salah satu kegiatan di masa karantina para finalis pemilihan Miss Indonesia 2011 di Jakarta, Selasa (31/5). ''Kaum perempuan harus mengembangkan talentanya seoptimal mungkin. Kita bisa mandiri, kita bisa tidak tergantung pada orang lain. Itu sebabnya saya memotivasi orang untuk menjadi entrepeneur, untuk menciptakan lapangan pekerjaan,'' ujarnya.

Dalam budaya patriarkat, imbuh Martha, perempuan sering dinomorduakan. ''Sebagai perempuan, kita harus cari jalan, terus belajar, proaktif, inovatif, kejar bola,'' ajaknya berapi-api. Perempuan kelahiran 4 September 1937 ini juga mendorong perempuan untuk tidak takut menonjolkan diri. Salah satunya, dengan mengikuti pemilihan Miss Indonesia.

Ajang ini sendiri, menurut Martha, bukan sekadar kontes kecantikan. Pemilihan Miss Indonesia sekaligus menjadi peluang untuk mencari role model bagi kaum perempuan. ''Dengan ajang ini, kita ingin mencari role model dalam hal appearance, talent, attitude, dan nationalism.''

Dari tahun ke tahun, lulusan sejarah dari IKIP Jakarta ini menilai penyelenggaraan kontes Miss Indonesia semakin membaik. Sebagai salah satu juri di malam final yang berlangsung pada 3 Juni 2011, Martha menyebutkan sejumlah kriteria yang dijadikan tolok ukur penilaian pemenang. ''Kriteria penilaiannya yaitu talenta entah itu bernyanyi, main piano, atau sport. Lalu attitude, cara bicara, dan presentasi di depan audiens,'' ujarnya.

Menurut Martha, pemilihan Miss Indonesia 2011 ini merupakan sebuah peluang emas bagi perempuan muda untuk maju dan menonjolkan diri. ''Talenta mesti dikembangkan supaya menjadi famous celebrity. Tapi jangan sombong, harus tetap baik untuk mencerminkan cantik lahir dan batin,'' tukasnya.

Dari sekitar 1.000 aplikan yang mendaftarkan diri saat seleksi di tujuh kota di Tanah Air, hanya 33 orang terpilih sebagai finalis Miss Indonesia 2011. Finalis yang terpilih sebagai pemenang, nantinya akan dikirim untuk mewakili Indonesia di ajang Miss World 2011.

Martha berharap, pemenang Miss Indonesia 2011 pada akhirnya dapat menjadi duta negeri ini di kancah internasional. ''Indonesia ini belum banyak orang yang kenal. Kalau Bali, baru lebih dikenal. Melalui Miss World 2011, seluruh tv bisa lihat,'' pungkasnya. (Yul/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates