-->

Selasa, 07 Juni 2011

Jaga Kesehatan Mata di Depan Komputer

KOMPUTER beserta perangkatnya seperti monitor, sudah menjadi alat yang umum digunakan dalam setiap pekerjaan kantor. Maka tidaklah aneh jika banyak orang harus bekerja di depan monitor sepanjang hari.

Pada awalnya kita mungkin sedikit khawatir mengenai pengaruh komputer dan sinar radiasi yang dipancarkan monitor dapat mengganggu kesehatan tubuh, terutama mata. Para ahli tidak menyerah untuk menciptakan berbagai peralatan yang semakin ramah lingkungan dan kesehatan. Namun, bekerja terlalu lama di depan layar monitor tetap saja dapat memengaruhi kesehatan, seperti mata lelah, nyeri punggung, bahu dan leher. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi kelelahan dan ketegangan mata ketika bekerja di depan monitor.

1. Bekerja di ruangan yang cukup cahaya
Perhatikan pencahayaan dalam ruang kerja Anda. Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan. Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela. Tempatkan lampu di kepala. Hindari menatap cahaya secara langsung. Sebaliknya, jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap atau redup. Usahakan agar ruangan anda cukup terang sehingga mata Anda tidak bekerja keras.

2. Gunakan filter monitor
Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan oleh layar monitor, gunakan filter glass monitor. Alat ini mampu mengurangi pengaruh radiasi, tidak hanya meredupkan cahaya monitor.

3. Periksa monitor
Periksa apakah monitor Anda masih bekerja dengan baik? Bandingkan dengan monitor lainnya. Bila gambar yang tampak semakin buram, berkedip-kedip atau tidak nyaman untuk mata, sudah waktunya untuk memperbaiki atau mengganti monitor. Lebih baik mengganti monitor daripada membiarkan mata bermasalah. Sering pantau kebersihan monitor dari debu dan kotoran yang mengganggu layar.

4. Letakkan kertas kerja dapat dibaca
Jika Anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, letakkan kertas kerja yang seimbang dengan jarak monitor. Ini membuat Anda tidak perlu membolak-balik untuk fokus melihat kertas kerja anda setelah membaca di layar monitor.

5. Perhatikan posisi monitor
Tempatkan layar monitor sehingga memiliki sudut antara 10-15 derajat dari garis lurus dengan pandangan Anda. Selain untuk menghindari kelelahan pada mata, juga menjaga bahu dan leher agar cukup nyaman. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates