-->

Jumat, 10 Juni 2011

Empat Cara Tingkatkan Peluang Raih Promosi

PROMOSI merupakan sebuah cara yang bagus untuk memajukan karier Anda. Lantas, bagaimana cara memastikan diri Anda berada dalam daftar pendek kandidat penerima promosi?

Berikut ini adalah sejumlah tips yang diberikan Robert Half International, sebuah perusahaan konsultan dan karyawan di Amerika Serikat, seperti dikutip situs msn.careerbuilder.com:

Berbicara dengan atasan
Supervisor memiliki pengaruh besar dalam menentukan kesempatan Anda untuk mendapatkan promosi. Jangan menganggap dia menyadari keinginan Anda untuk menumbuh kembangkan karier. Bicarakan dengan atasan tentang rencana jangka panjang Anda.

Manajer Anda dapat mengetahui peluang yang terbuka dalam departemen, atau tempat lain di perusahaan, dan dapat membantu Anda mengevaluasi dan mempersiapkan diri menghadapi peluang. Atasan juga memiliki pandangan yang lebih objektif tentang kelemahan dan kekuatan Anda. Dia dapat memberikan penilaian jujur tentang langkah-langkah apa yang mungkin Anda perlukan untuk menempati peran baru tersebut.

Meningkatkan keahlian
Ada kemungkinan bahwa Anda kekurangan sejumlah keterampilan atau kualifikasi yang diperlukan untuk mengisi posisi yang lebih tinggi. Sebuah promosi mungkin mengharuskan Anda untuk lebih sedikit terjun langsung atau mengerjakan pekerjaan teknis, sebaliknya lebih sering mengatur orang, mengawasi proyek, membantu berbagai kelompok mencapai konsensus, atau bernegosiasi dengan vendor.

Jika Anda kekurangan pengalaman di bidang ini, berdiskusilah dengan atasan untuk mengidentifikasi peluang pelatihan yang sesuai. Selain itu, ajukan diri dalam proyek-proyek yang memungkinkan Anda untuk membangun keterampilan yang diperlukan di area-area penting.

Perluas jaringan
Terhubung di tempat kerja memiliki manfaat berlipat ganda. Yang paling jelas, Anda bisa mempelajari peluang yang sebelumnya tidak disadari. Anda juga dapat bertemu dengan seseorang yang dapat memberikan wawasan ke dalam pekerjaan atau jenis posisi yang dicari.

Seorang manajer, misalnya, bisa menjabarkan langkah-langkah yang dia ambil untuk naik dari level staf ke posisi atas, dan memperingatkan Anda mengenai hambatan yang dihadapinya. Yang terpenting, berjejaring memungkinan Anda untuk meningkatkan visibilitas dalam perusahaan, meningkatkan kemungkinan seseorang mempertimbangkan Anda bergitu sebuah posisi tersedia.

Menaksir minat
Bagian terpenting untuk mempersiapkan promosi adalah menentukan apakah Anda benar-benar menginginkannya. Kompensasi tambahan atau tunjangan yang ditawarkan dari sebuah promosi memang menggugah minat. Namun, siapkah Anda dengan tanggung jawab ekstra yang otomatis melekat?

Setelah mempelajari lebih banyak tentang posisi yang Anda inginkan, tanyakan pada diri sendiri apakah Anda sanggup memenuhi segala hal yang dituntut dari posisi itu. Bukan hanya keahlian dan kualifikasi Anda yang harus diperhitungkan, melainkan juga kehidupan di luar pekerjaan seperti keluarga. (Yul/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates