-->

Selasa, 21 Juni 2011

Lindungi Diri dari Gigitan Nyamuk Malaria

MALARIA adalah penyakit menular yang menginfeksi sekitar 350-500 juta orang dan menyebabkan lebih dari 1 juta kematian di dunia setiap tahun malaria merupakan penyakit yang disebarkan oleh nyamuk pembawa parasit yakni parasit protozoa.

Saat digigit, parasit langsung masuk ke aliran darah dan langsung menyebar dengan cepat. Maka itu tak mengherankan bila penyebaran penyakit ini cukup memperihatinkan, termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, pencegahan malaria pada musim hujan, terutama di daerah yang rentan terhadap penyebarannya, adalah suatu keharusan. Berikut adalah cara untuk melindungi diri terhadap gigitan nyamuk.

1. Yang pertama, pastikan bahwa membatasi kegiatan luar ruangan, terutama saat sore dan pagi hari.
2. Gunakan obat semprot antiserangga setelah matahari terbenam.
3. Kelambu adalah suatu keharusan pada musim hujan terutama bagi yang tinggal di daerah berawa. Jaring ini dapat melindungi Anda dari nyamuk berbahaya sekaligus membuat tidur Anda menjadi nyenyak.
4. Kenakan pakaian tertutup seperti kemeja lengan panjang dan celana panjang. Ini adalah cara melindungi diri dari gigitan nyamuk.
5. Jauhi tempat-tempat di mana nyamuk malaria dapat berkembang biak dengan mudah. Jaga kebersihan mulai dari dalam hingga luar rumah Anda. Pastikan bahwa setiap sampah ditutup dan dibuang untuk menghindari perkembangbiakan nyamuk.
6. Pastikan bahwa tidak ada genangan air atau kolam kotor di sekitar rumah. Memang terlihat remah, tapi Anda akan terkejut melihat betapa cepat perkembangbiakan nyamuk ini di kolam kecil, air di ember, atau pot bunga baik di dalam dan di sekitar rumah. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates