-->

Rabu, 03 Februari 2010

Kebiasaan Buruk dalam Berolahraga

Pernahkah Anda merasa putus asa lantaran tak kunjung menemukan jenis olahraga yang tepat untuk menyusutkan ukuran tubuh? Barangkali bukan cara Anda berolahraga yang salah, tetapi kebiasaan buruk yang dilakukan tanpa sadar, yang menghambat program perampingan tubuh Anda. Hilangkan lima kebiasaan buruk berikut sedikit demi sedikit.

1. Makan dan Minum Berlebihan Usai Olahraga
Banyaknya pilihan makanan dan minuman khusus untuk memulihkan energi setelah berolahraga, seringkali membuat kita lebih bersemangat untuk ‘mengisi bensin’ ketimbang ‘memeras keringat’ lebih banyak. Padahal, sebenarnya makanan dan minuman tersebut banyak mengandung kalori dan dimaksudkan untuk konsumsi atlet yang melakukan latihan berintensitas tinggi. Agar tidak kelebihan kalori, sebaiknya Anda ambil potongan buah segar dan air putih untuk snack di sela-sela berolahraga.

2.Malas Bergerak
Setelah 60 menit beraktivitas di pusat kebugaran, bukan berarti Anda mendapat ‘tiket bebas’ untuk bermalas-malasan sepanjang hari. Jangan lupa bahwa manfaat berolah tubuh hanya bisa didapat secara kumulatif, yaitu bila Anda melakukannya secara kontinu. Karena itu, walau sedang tidak berolahraga, jangan malas untuk berolah tubuh dengan berjalan kaki mengitari rumah atau sekedar mengambil jalan memutar dari tempat parkir mobil ke pintu masuk.

3.Intensitas Olahraga Terlampau Berat
Sebenarnya, latihan dengan intensitas tinggi bermanfaat cepat dalam menurunkan bobot tubuh. Namun, banyak orang yang seperti kecanduan berolahraga, lantas terus mengambil porsi latihan yang berat hingga kemudian berhenti melakukannya karena melukai dirinya sendiri atau merasa tertekan akibat porsi latihan yang terlampau berat. Lebih baik Anda ambil porsi latihan yang sedang-sedang saja sehingga bisa selalu ‘enjoy’ melakukannya.

4.Banyak Mengalami Gangguan
Sedikit gangguan, seperti alunan musik atau siaran berita di televisi, bisa membantu Anda ‘membunuh waktu’ kala berolahraga. Namun, gangguan yang kelewat banyak bisa membuat Anda lupa bahwa kepentingan utama Anda adalah berolahraga dan bukan memantau siaran televisi.

5.Terlalu Sering Memberikan 'Hadiah' pada Diri Sendiri
Untuk menambah semangat dalam menjaga bentuk tubuh, sebagian orang gemar memberikan ‘hadiah’ makanan enak kepada dirinya sendiri apabila berhasil menjalani program diet. Hati-hati, terlalu banyak ‘hadiah’ beresiko gagalnya usaha pelangsingan tubuh Anda. Lebih baik, Anda ganti hadiahnya dengan sesuatu yang bukan makanan, seperti CD, pakaian atau benda-benda lain. Traktir makanan enak cukup dilakukan sebulan sekali saja.


Sumber VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates