-->

Rabu, 03 Februari 2010

Tips Menghilangkan Ngemil

Makan sesering mungkin jika ingin program diet Anda sukses. Ini memang sebuah ironi, tetapi terbukti ampuh membuat bobot badan menyusut.

Konsumsi makanan berkalori rendah tiap dua atau tiga jam meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. Snack sehat juga bisa mengekang Anda dari hasrat menyantap junk food.

Namun, pastikan Anda tahu kapan merasa lapar, apa yang sangat dibutuhkan tubuh, dan snack sehat yang tepat dalam masing-masing situasi. Berikut paparan ahli diet tentang kapan hasrat ngemil itu muncul.

Anda tidak sarapan dan sekarang Anda kelaparan
Jangan heran kalau Anda kelaparan gara-gara tidak makan pagi. Solusinya, makan sekitar pukul sepuluh pagi untuk mengisi energi. Pilih camilan dengan 300 kalori yang mengandung protein dan lemak agar bisa bertahan hingga makan siang. "Perpaduan gizi dalam snack itu akan menghasilkan energi dan mencegah makan terlalu banyak," kata ahli diet.

Anda sedang dalam kondisi merosot di sore hari
Keinginan ngemil muncul terutama saat Anda merasa haus, tenaga Anda sudah habis terkuras di sore hari, dan ingin segera mengembalikan energi dengan cepat. Namun, kalau Anda menyantap kue-kue atau permen cokelat berkalori tinggi, energi Anda akan habis lagi. "Banyak orang tidak minum cukup cairan setelah makan siang. Anda akan merasa lemas jika mengalami dehidrasi," kata ahli diet, Susan Kundrat.

Namun Anda tidak terlalu lapar dan ingin menyantap makanan yang tidak terlalu mengenyangkan. Untuk itu, minuman rendah kalori yang bisa menghilangkan dehidrasi dan mengandung vitamin C bisa membantu memulihkan energi. Kafein yang terkandung dalam teh hijau juga merupakan pilihan yang bagus. Peneliti menemukan bahwa kafein akan membantu tubuh Anda membakar lebih banyak kalori, sehingga bisa menekan nafsu makan.

Waktu makan lama masih lama dan Anda sudah lapar
Inilah saat di mana makanan tinggi lemak, gula, dan kalori begitu menggoda. Jadi penting untuk tetap membawa makanan sehat dalam genggaman Anda.

Jagalah agar snack Anda hanya mengandung sekitar 150 hingga 200 kalori, dan pilih snack yang berserat tinggi sedikitnya 2 hingga 5 gram per penyajian. Serat baik untuk jantung dan sistem pencernaan. Dan yang lebih penting, serat membuat Anda kenyang lebih lama hingga bisa memuaskan Anda sambil menunggu makan malam tiba. Jika tidak tersedia makanan tinggi serat, keju kaya kalsium dan protein juga bagus.


Sumber VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates