-->

Selasa, 09 Februari 2010

Trik Memasak dengan Sedikit Garam

Selama ini, mungkin lidah Anda terbiasa dengan makanan gurih yang mengandung banyak garam dan penyedap rasa (monosodium glutamat/ MSG). Kedua bumbu tersebut merupakan 'silent killer', karena bisa memicu penyakit berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Garam yang dikonsumsi berlebihan bisa memicu tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Sedangkan MSG, bisa memicu rasa gatal, mual, migrain, gangguan hati, serta depresi. Maka, mulai sekarang cobalah untuk mengurangi garam dan MSG dalam setiap masakan Anda.

Masakan yang lezat dan gurih sebenarnya tidak melulu mengandalkan garam dan penyedap rasa. Anda tetap bisa membuat makanan lezat tanpa banyak menggunakan garam dan penyedap rasa dengan trik berikut:

- Gunakan bahan segar dan berkualitas

Menggunakan bahan segar dan berkualitas ada kunci dari kelezatan rasa masakan. Rasa asli bahan yang berkualitas akan keluar dengan sendirinya saat proses pengolahan dan membuat masakan menjadi lebih lezat meskipun menggunakan sedikit garam. Jadi, selalu pilih bahan makanan yang segar untuk diolah, karena tidak hanya lebih lezat tetapi juga lebih sehat.

- Gunakan dedaunan

Daun-daunan atau herbs seperti daun salam, basil, parsley, oregano, sage, atau mint. Maksimalkan penggunaan daun dan tumbuhan yang banyak digunakan untuk masakan. Karena, aroma dan rasa dari dedaunan alami akan keluar saat proses memasak dan menambah kelezatan masakan.

- Perbanyak bumbu alami

Paprika, lada, cengkeh, kayu manis, jahe dan masih banyak lagi bumbu alami yang bisa membuat masakan menjadi lebih lezat tanpa harus menggunakan banyak garam dan penyedap rasa. Pilihlah bumbu yang segar dan berkualitas karena rasa dan aromanya lebih kuat.

- Tambahkan cuka apel

Untuk mendapatkan rasa segar atau asam pada masakan, daripada menggunakan cuka kemasan sebaiknya gunakan sumber asam alami. Anda bisa menggunakan cuka apel atau perasan jeruk lemon.

- Maksimalkan bawang-bawangan

Untuk membuat masakan lebih gurih maksimalkan penggunaan bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Bawang memiliki rasa otentik dan membuat bahan masakan menjadi lebih gurih dan lezat.

- Kurangi porsi garam dalam setiap masakan

Saat memasak kurangi porsi garam sedikit demi sedikit. Pada awalnya rasa masakan memang sedikit aneh dan hambar. Apalagi jika lidah sudah terbiasa dengan masakan yang sangat gurih dan asin. Untuk itu, latih sedikit demi sedikit lidah Anda dan anggota keluarga lain dengan makanan yang mengandung sedikit garam. Hal ini sangat penting untuk membuat lidah Anda tidak suka dengan masakan yang sangat gurih karena garam dan MSG, tetapi terbiasa dengan makanan sehat dan lezat.


Sumber
VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates