-->

Rabu, 03 Februari 2010

Tips Mencegah Mengemil

Mengudap camilan sambil mengetik di depan komputer pasti sering Anda lakukan. Hal itu bagi sebagian wanita yang sangat hobi ngemil memang sulit dihindari.

Untuk mengatasinya ada cara lain, yaitu mengganti cemilan atau kudapan Anda dengan permen karet rendah gula.

Hasrat mengemil bisanya akan datang tiga jam setelah makan siang. Dan saat seseorang ditawari cemilan mereka cenderung tak menolak, meskipun perut sudah terasa kenyang. Hal itu diungkapkan oleh tim peneliti dari New Orleans, Amerika Serikat.

Untuk mencari cara menghentikan kebiasaan ngemil yang sering dilakukan banyak orang, tim melakukan eksperimen pada 115 orang pria dan wanita yang berusia antara 18 sampai 54 tahun. Mereka mengharuskan para partisipan untuk mengunyah permen karet rendah gula setelah makan siang selama 15 menit.

Lalu keesokan harinya para partisipan tidak diperbolehkan untuk mengunyah permen karet pada waktu yang sama. Hasilnya adalah para partisipan berhasil mengurangi 40 kalori yang biasanya mereka dapatkan saat ngemil.

Mereka juga mengatakan hasrat ngemil menjadi berkurang dan tidak terlalu merasa lapar setelah mengunyah permen karet. Hasil penelitian itu dipresentasikan dalam Experimental Biology 2009, Senin 19 April 2009 kemarin.

"Hasil penelitian ini menunjukkan mengunyah permen karet bisa membantu seseorang mengendalikan hasrat ngemilnya," kata Paula J. Geiselman kepala penelitian dari Pennington Biomedical Research Center.

"Meskipun jumlah kalori yang dikurangi tidak terlalu besar, jika dilakukan dalam jangka waktu panjang bisa berefek besar. Selain bisa mencegah hasrat ngemil mudah, mengunyah permen karet juga bisa memicu produksi air liur (saliva) yang berfungsi membersihkan kuman- kuman dalam mulut," kata Geiselman.


Sumber VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates