-->

Sabtu, 20 Februari 2010

Trik Kirim E-mail Pakai Server SMTP Lain

Tidak semua kantor memberikan akses ke server SMTP kalau orang akses dari luar jaringan lokal. Alhasil, saat kita di rumah, kita enggak bisa mengirim e-mail dengan alamat e-mail kantor.
Paling-paling, kita cuma bisa terima saja.

Kenapa sih begitu? Soalnya, SMTP bisa dipakai spammer untuk mengirim spam atau mengebom e-mail ke orang lain dengan ratusan, ribuan, bahkan jutaan e-mail. Kalau server SMTP kita dipakai spammer, yang rugi bukan hanya orang yang diserang. Kita pun rugi. Begitu server kita ketahuan mengirim spam, server kita masuk daftar hitam. Kalau sudah begitu, kita akan sulit mengirim e-mail apapun.

Untuk menyiasati ini, bikin agar kita bisa menggunakan server SMTP dari penyedia jasa internet (ISP) untuk mengirim e-mail. Caranya begini:

1. Pada program Microsoft Outlook klik [Tools] > [Account Settings…]
2. Saat jendela “Accounts Settings” muncul, pilih [New] jika Anda ingin membuat akun baru atau pilih akun dan klik [Change…] jika ingin mengubah akun yang sudah ada.
3. Pada bagian “Incoming mail server (POP3)” isikan alamat POP mail Anda, sedangkan pada “Outgoing mail server (SMTP)” isikan alamat server SMTP dari ISP Anda.
4. Isikan username dan password e-mail Anda pada bagian “Logon Information”.
5. Setelah itu klik [More Settings…]. dan tandai [My outgoing server (SMTP) requires authentication] pada tab [Outgoing server].
6. Kemudian pilih [Log on using] dan isikan username dan password e-mail dari ISP Anda.
7. Jika sudah, klik [OK] > [Next], lalu pilih nama akun yang baru saja Anda buat atau ubah, kemudian klik Set as default, dan klik [Close].

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda sudah bisa mengklik [Reply] untuk membalas e-mail yang Anda terima. Sebagai catatan tambahan: jika server SMTP dari ISP Anda tidak mendukung open relay, alamat e-mail yang ada pada bagian E-mail address di Internet E-mail Settings harus menggunakan alamat e-mail dari ISP dan bukan alamat POP mail.


Sumber : PCplus

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates