-->

Minggu, 18 April 2010

5 Bahaya Sekitar Rumah Intai Nyawa si Kecil


RUMAH adalah istana Anda, tetapi juga tempat yang berpotensi bahaya untuk anak. Kenyataannya, setiap tahun di Amerika Serikat, lebih dari 2.000 anak di bawah usia 14 tahun meninggal akibat cedera rumah.

“Orangtua kerap menyepelekan kemampuan anak-anak dan melebih-lebihkan kecerdasan mereka," kata Chrissy Cianflone, direktur operasional program organisasi nirlaba Safe Kids USA. "Mereka berpikir, anak saya terlalu pintar untuk melakukan X. Dan mereka tidak menyadari betapa kuat anak-anak mereka," tambahnya.

Lakukan makeover segera jika rumah Anda belum aman untuk anak-anak. Berikut bahaya sekitar rumah yang mengintai nyawa si kecil, seperti dikutip NYdailynews.

Kabel listrik

Ketika ditempatkan dengan tidak benar, kabel bisa menyebabkan si kecil tercekik. Laporan Safe Kids USA menunjukkan pada 2004, sekira 500 anak-anak tercekik di rumah, dan hampir 90 persennya berusia di bawah empat tahun. Beberapa kabel yang berpotensi mencekik anak-anak, misalnya kabel lampu lantai berdiri, telepon dinding, kabel komputer yang tergantung bebas, dan banyak lagi.

Selain kabel, tali jendela juga berpotensi bahaya sehingga harus diikat cukup tinggi agar anak tidak dapat menjangkaunya. Begitu pun mainan bertali panjang.

Bathtub

Sekira 340 anak-anak tenggelam di dalam dan di sekitar rumah pada 2004, dan lebih dari 80 persennya berusia di bawah empat tahun. "Anak Anda bisa tenggelam dalam bathtub (yang bahkan hanya) berisi satu inci air. Jangan pernah meninggalkan mereka tanpa pengawasan, bahkan untuk sebentar, sementara Anda sibuk menjawab telepon," tukas Cianflone.

Mainan

Sekira 160 anak-anak tersedak hingga mati di rumah pada 2004. Untuk mencegah kematian akibat tersedak, jangan pernah memberikan anak di bawah usia tiga mainan berukuran kecil, tegas Cianflone. Dan, terus pantau benda-benda kecil lainnya yang bisa mereka dapatkan, termasuk koin dan bola kecil. Anak-anak juga bisa tersedak permen, hot dog, kacang, anggur, wortel, dan popcorn.

Meja rias dan furnitur lainnya

Meja rias berbahaya karena berat dan bagian tepinya dapat dipanjat anak-anak. Televisi, terutama layar datar, dengan mudah ditarik anak dan mencelakainya. Anak yang belum kuat berdiri mencoba mendaki atau menarik benda berat yang bisa menimpa tubuhnya.

Karenanya, tempatkan furnitur dengan benar, misalnya tempel televisi datar di dinding. Juga, letakkan semua barang berat di rak-rak atau laci rendah. Jangan menaruh remote control, permen, atau mainan di atas furnitur yang mungkin menarik minat si kecil untuk menariknya.

Jendela

Jangan mengandalkan layar penangkal cahaya untuk menjaga anak Anda aman dari jendela yang terbuka. "Layar digunakan untuk menjaga rumah dari serangan serangga, tapi tidak untuk menjaga anak-anak di dalam rumah," kata Cianflone.

Investasikan rumah Anda dengan layar jendela lebih berat yang terbukti aman untuk anak-anak. Juga, jangan pernah menempatkan furnitur dekat jendela yang memungkinkan anak keluar lewat lubang itu.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates