-->

Selasa, 06 April 2010

Cara Mudah Tidur Berkualitas 8 Jam Sehari

Anda masih mencari cara agar bisa tidur berkualitas 7 hingga 8 jam sehari? Cara termudah adalah, hentikan makan berat 90 menit sebelum waktu tidur Anda. Jika merasa lapar, ambil makanan ringan menyehatkan. Atur juga takarannya, jangan lebih dari 200 kalori. Berikut daftar makanan yang bermanfaat meredakan ketegangan otot dan menenangkan pikiran.

1. Pisang
Buah ini menjadi pil tidur paling praktis. Pisang mengandung melatonin dan tryptophan (yang akan berubah menjadi serotonin) untuk membantu Anda tertidur. “Melatonin adalah hormon yang memberi sinyal pada otak bahwa inilah waktu bagi tubuh untuk beristirahat sepanjang malam,” jelas Esther B. Horn, pakar diet dan nutrisi holistik di New York City. Buah ini juga mengandung magnesium, yang berfungsi membuat otot rileks dan membantu menghilangkan stres dan ketegangan fisik lain.

2. Teh chamomile
Chamomile merupakan bahan dasar campuran teh untuk penyajian menjelang waktu tidur. Kesejukannya memberikan efek ketenangan yang natural untuk melepaskan beban pikiran dan tubuh.

3. Susu hangat
Menjelang tidur, anak-anak biasanya diberi susu oleh ibunya. Ternyata, ini bukan sekadar iming-iming ala anak kecil. Susu mengandung tryptophan, yang dapat memicu pelepasan melatonin secara alami ke dalam sistem tubuh. Melatonin mengatur jam biologis kita, dan membantu kita tertidur dan mencapai kondisi lelap.

4. Madu
Campurkan madu dalam susu hangat atau teh herbal, dan minum sebelum tidur. Kandungan gula yang tinggi memang mampu menstimulasi kerja otak, namun jumlah glukosa rendah bisa membuat otak lebih rileks dan meningkatkan kewaspadaan.

5. Kentang
Kentang dan ubi adalah tanaman umbi yang tidak akan membuat gula darah melonjak, dan bahkan membantu mengusir asam yang memblok tryptophan. Seperti Anda ketahui sebelumnya, tryptophan membantu tubuh untuk lebih rileks. Makanlah kentang panggang dalam porsi kecil untuk membantu Anda menguap lebar, dan mulai mengantuk.

6. Oatmeal
Oat merupakan sumber makanan penyebab kantuk terbesar dibandingkan yang lainnya. Makanan ini tak hanya menghangatkan perut, tetapi juga kaya serat, yang membuat Anda merasa kenyang sebelum naik ke tempat tidur. Semangkuk oats yang dimasak juga menjadi sumber melatonin yang baik.

7. Almond
Segenggam almond yang baik untuk jantung bisa menyebabkan Anda terlelap karena kandungan tryptophan dan magnesium.

8. Roti gandum utuh
Sepotong roti gandum yang dimakan bersama teh dan madu bisa melepaskan insulin yang bisa membantu tryptophan cepat menuju otak. Saat zat ini bercampur dengan serotonin, bersiaplah untuk menguap dan beranjak ke tempat tidur.

Artikel Yang Berhubungan



1 komentar:

Anonim mengatakan...

ty mas bro

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates