-->

Jumat, 16 April 2010

TIPS MENGATUR KEUANGAN ANDA

Sebanyak apapun uang yang anda miliki jika tidak di kelola dengan baik dan benar maka akan sia-sia saja, pasti akan cepat habis. Begitu pula jika kita hanya mempunyai uang yang sedikit tidakdikelola dengan benar pasti akan habis juga. Dari kejadian itu perlu di tangani oleh orang-orang yang terampil dalam mengatur keuangan termasuk diri anda juga berperan penting.

Seandainya diri kita memiliki uang Rp.100.000,- apa yang anda lakukan dengan uang itu? jawabanya pasti bervariasi ada yang ingin di buat beli baju, kue, pembersih wajah/ alat make up, belikan pulsa aja dan ada juga yang bilang disimpan aja. Dari beberapa jawaban diatas pasti anda memikirkan hal yang sama seperti itu. Dan hal yang sama terjadi jika kita mempunyai uang hanya Rp.10.000,- jika tidak dikelola dengan baik maka akan cepat habis. Tapi sebenarnya berapapun uang yang kita miliki ketika tidak dikelola atau diatur dengan baik maka akan cepat habis oleh karena itu pandai-pandailah untuk mengolahnya, insyaallah pasti tidak akan cepat habis.

Disini saya kana sedikit memberika tips bagaimana mengatur keuangan dengan baik semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, terutama orang-orang yang tidak bisa mengatur keuangannya heheeh (maaf nya lo menyinggung tapi jangan marahnya…..??) :P

>>Yang pertama yang harus Anda lakukan adalah

1.Buatlah anggaran semua kebutuhan mu diawal bulan selama sebulan, terutama kebutahan primer lalu cacatlah juga kebutuhan skunder mu juganya….?? Oya.. yang terpenting harus dicacatat semua baik nominalnya yang tidak seberapa besar tapi mempengaruhi.. kalau nominalnya hanya Rp.50,- ya ngk usah dimasukkan key… :)

2.Catalah semua transaksi yang kamu lakukan setiap hari. Dengan menggunakan itu kita bisa membandingkan antara pengeluaran dengan anggaran yang telah dibuat sebelumnya. Kita bisa melihat seberapa besar selisihnya. Saya Ambil contoh ajanya…???

a. Buat ibu rumah tangga:

Buat anggran belanja selama 1 bulan, harga - harga kebutuhan primer contohnya:

Beras 15 kg Rp.90.000,-

Gas LPJ isi 12 Kg Rp.15.000,-

Listrik Rp.70.000,-

Air PDAM Rp.45.000,-

Pulsa Rp.35.000,-

Total Rp.255.000,-

Harus diingat Anggaran yang kita tetapkan untuk sebulan Rp.255.000,-

b. untuk mahasiswi/ mahasiswa:

Makan Rp.200.000,-

Sewa kost Rp.150.000,-

Pulsa Rp.50.000,-

Total Rp.400.000

Harus diingat anggaran yang kita tetapkan Rp.400.000,- selama sebulan

Oya..? jangan lupa untuk mencatat juga transaksi pengeluaran yang tidak wajib. Sehingga nanti setelah semua tercatat kita bisa membandingkan anggarannya kurang atau malah lebih.

>>Yang kedua adalah simpanlah uang anda di tempat aygn berbeda (sesuaikan kebutuhannya)

Mengapa sih harus disimpan ditempat yang berbeda? padahalkan bisa aja ditaruh disatu tempat…” Upz jangan anggap remeh hal itu? Manfaatnya banyak sekali. Misalnya kita simpan uang pengeluaran wajib ke dalam dompet kulit bagian dalam, kemudian kita masukkan uang pengeluaran tidak wajib kita ke dalam tempat dompet kulit bagian luar. Nah kita ingat-ingat sendiri, ketika kita mau membeli sesuatu yang pokok, maka kita harus mengambil uang di dompet kulit bagian dalam, jangan sampai mengambil di dalam dompet bagian luar. Apabila ternyata uang di dalam dompet (kulit yang dalam) tidak ada uang pecahan dan ketika itu di bagian (dompet yang luar) ada uang pecahannya dan kita menggunakannya maka catatlah sebagai utang karena kita telah menggunakannya. Ingat-ingat jangan sampai lupa untuk dibayar.

Nah lihatlah, jika kita mempunyai uang banyak, prioritaskan untuk yang wajib-wajib, nah pasti masih punya banyak sisa kan…?, sisanya bisa ditabung. Tapi jangan bersedih bagi yang uangnya tidak sisa, Alhamdulillah kan kebutuhan wajibnya bisa tercukupi….:)

Nah gimana? mudahkan caranya mengatur keungannya? asal kita bisa disiplin dan terus konsisten pasti bisa kok…? Jangan sampai menghambur-hamburkan uang yang kita miliki. Buat mahasiswa(i) hemat-hematlah karena pemasukan mu hanya dari ortu aja dan bagi ayng udah berkeluarga harus pinter mengatur keuangan rumah tangga apalagi yang statusnya sebagai ibu.. banyak kebutuhan lain yang sangat dibutuhkan.. :) Jadi gunaknlah sebaik-baik mungkin okey…??

Semoga bermanfaat tipsnya…?

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates