-->

Minggu, 18 April 2010

Tip & Trik "Meninabobokan" si Kecil


SI kecil belum tidur-tidur juga, padahal hari sudah larut malam. Bagaimana nih? Hmm, repot memang kalau Dedek masih terjaga, orangtua jadi tak bisa beristirahat. Kalau terus-terusan begini, bisa-bisa si kecil, Anda dan juga suami jadi kurang tidur. Akibatnya, badan tidak bugar, bayi pun menjadi lebih rewel. Ayo, cari solusinya!

Tip menidurkan bayi

Proses menidurkan si kecil merupakan bagian penting dari tidur bayi. Nah, berikut beberapa langkah untuk Moms saat menidurkan bayi:

* Ciptakan rutinitas

Awalnya bayi belum dapat membedakan siang dan malam. Oleh karena itu, bantulah dia dengan menciptakan rutinitas menjelang tidur, seperti mengenakan baju tidur yang nyaman – menyerap keringat namun tidak membuatnya kedinginan - dan selalu dininabobokan sebelum tidur dengan mengusap-ngusap punggungnya; atau menempatkan benda kesayangan di dekatnya agar ia merasa nyaman.

* Ruangan nyaman

Ciptakanlah suasana ruangan yang nyaman, hangat dan tenang. Jangan biasakan bayi tidur setiap malam di ruang tamu atau ruangan lain yang banyak orang. Biasakan saat bayi akan tidur, hanya orang tertentu saja yang menemaninya hingga tertidur. Bila ruangan tidur ber AC, sesuaikanlah suhu agar bayi tidak kedinginan atau sebaliknya.

* Biasakan nyalakan lampu agak redup saat tidur

Kebiasaan ini akan membantu bayi belajar perbedaan siang dan malam. Bayi akan mengerti bahwa suasana yang lebih redup atau gelap merupakan suasana malam dan waktunya untuk tidur.

* Bedakan kegiatan siang dan malam

Biasakan kegiatan yang sama diperlakukan berbeda antara siang dan malam. Misalnya, saat siang hari setelah menyusu bayi diajak bermain atau beraktivitas. Sebaliknya, setiap malam hari setelah menyusu, suasana kamar dibuat senyaman mungkin dan ia siap ditidurkan.

* Iringan lagu atau musik

Bayi akan merasa nyaman bila mendengarkan suara ibunya saat bersenandung atau mendengarkan musik yang menenangkan.

* Lakukan pijatan lembut

Pijatan atau stimulasi sentuhan yang lembut dapat menenangkan dan membuat bayi merasa nyaman. Anda bisa membelai atau mengusap punggungnya hingga ia tertidur.

* Mendongeng

Walaupun awalnya bayi tidak mengerti dengan cerita Ibu, namun dia akan terbiasa dengan rutinitas membaca cerita sebagai pengantar tidurnya. Bacalah cerita dengan suara lembut. Kebiasaan ini dapat melatih bayi mengenal bahasa. Anda bisa mulai dengan membacakan cerita sederhana.

Agar si Kecil tidur nyenyak Zzz... Zzz...

Ü Letakkanl bayi pada posisi telentang saat tidur karena risikonya lebih kecil dibanding tidur tengkurap atau miring. Bila bayi sudah dapat mengangkat dan mengontrol gerakan kepalanya, artinya sudah dapat tidur dalam posisi yang lebih bervariasi, asal tetap dijaga.

Ü Pastikan mukanya tidak tertutup selimut, bantal atau benda lainnya saat tidur. Sebaiknya bantalnya ringan dan tipis, tempat tidur juga sebaiknya rata sehingga mengurangi kemungkinan hidung bayi tertutup lekukan kasur saat bayi tengkurap.

Ü Hindari meletakkan mainan boneka atau benda lainnya di tempat tidur bayi untuk menghindari bayi tertutup jalan nafasnya.

Ü Sebaiknya, hindari menidurkan bayi di satu tempat tidur dengan anak atau orang dewasa lain. Bila mungkin, letakkan bayi pada tempat tidur khusus bayi yang diletakkan di dekat ibu.
(Mom& Kiddie//ftr)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates