-->

Selasa, 20 April 2010

Kiat Cegah Kanker Usus


Selain diagnosis dini, salah satu pendekatan terbaik dalam memerangi kanker adalah dengan pencegahan. Pada kasus kanker kolorektal (usus besar), bukti menunjukkan sebagian besar disebabkan karena faktor pola makan.

Berapa pun usia Anda, tidak pernah ada kata terlambat untuk melakukan sesuatu yang bisa mencegah terjadinya kanker. Berikut beberapa faktor penyebab kanker kolorektal yang masih bisa kita kendalikan:

1. Kontak dengan zat-zat kimia tertentu seperti logam berat, toksin, ototoksi, serta gelombang elektro magnetic

2. Pola makan yang buruk, misalnya terlalu banyak mengonsumsi daging merah dan lemak namun tidak diimbangi dengar buah dan sayuran segar yang mengandung serat.

3. Lemak jenuh. Mereka yang hobi mengonsumsi pola makan dengan lemak tinggi beresiko lebih besar terkena kanker usus. Setiap hari tubuh hanya memerlukan 30 % kalori yang berasal dari lemak.

4. Minuman beralkohol. Usus dapat mengubah alkohol menjadi asetilaldehida yang meningkatkan risiko menderita kanker kolon

5. Obesitas. Penelitian menunjukkan, kegemukan (obesitas) merupakan faktor risiko untuk kanker prostat, kolon, rektum, dan kanker payudara.

6. Bekerja sambil duduk seharian

7. Kurangnya aktifitas fisik seperti berolahraga.

Bagaimana dengan merokok? dr.Aru W Sudoyo, Sp.PD, staf pengajar pada Departemen Penyakit Dalam FK UI, mengatakan tidak ada hubungan langsung antara merokok dengan kanker usus besar. Namun demikian, perokok memiliki risiko berkisar 1,5 hingga 3 kali lebih besar untuk terkena kanker usus besar.


Sumber
BANDUNG, KOMPAS.com

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates