-->

Sabtu, 10 April 2010

Strategi Agar Tidak Boros Saat Berbelanja


Cermat saat berbelanja penting Anda terapkan. Cara ini bisa berguna untuk mengontrol kondisi dompet Anda ketika berbelanja. Apalagi jika Anda tergolong penggila belanja.

Perlu Anda pahami, banyak orang sering merasa cemas ketika melihat kondisi keuangan yang tidak seimbang dengan jumlah barang yang mereka beli. Bahkan, seringkalli barang yang dibeli bukanlah kebutuhan mendesak, atau yang belum diperlukan.

Karena itu, bagi Anda yang sering mengalami hal ini, simak tips berbelanja cermat berikut ini:

1. Membayar dengan uang tunai

Membayar dengan cara ini bisa mengendalikan Anda berbelanja dibandingkan dengan menggunakan kartu kredit. Akan lebih baik lagi, Anda tahu jumlah anggaran yang Anda miliki sebelum pergi berbelanja. Dengan mengetahui isi dompet, Anda bisa mengendalikan nafsu belanja Anda.

2. Proritaskan kebutuhan

Seringkali ketika berbelanja, Anda menemukan barang yang tidak diperlukan. Apalagi banyak pernak-pernik atau aksesori yang menarik perhatian Anda. Jika tidak di-'rem', pengeluaran Anda bisa tak terkontrol. Jadi, cobalah menuliskan barang yang akan Anda beli sebelum berangkat berbelanja.

3. Jangan membeli beberapa jenis kebutuhan belanja dalam satu waktu

Misalnya, jika Anda hari ini menjadwalkan akan belanja bulanan, sebaiknya rencana untuk membeli sepatu baru Anda lakukan di waktu lain. Jika banyak hal yang ingin dibeli, hal ini bisa mengacaukan fokus dalam berbelanja. Akibatnya, Anda bisa membeli barang yang tidak diperlukan.

4. Kendalikan diri dan ingatkan selalu diri Anda, bahwa masih banyak kebutuhan lain yang juga penting. Seperti, membayar listrik, telepon, air dan biaya anak sekolah.


Sumber
VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates