-->

Selasa, 05 Juli 2011

Cara Mudah Terhindar Jetlag

BAGI Anda yang sering melakukan perjalanan ke berbagai negara, terkadang perbedaan waktu bisa membuat Anda mengalami jetlag. Adapun jetlag adalah sebuah kondisi psikologis yang disebabkan perubahan jam biologis atau yang lebih dikenal sebagai ritme circadian.

Jam biologis ini berfungsi mengatur kapan tubuh harus beristirahat, memerlukan makanan, atau kegiatan lainnya yang dilakukan tubuh selama 24 jam. Gejala jetlag antara lain yakni susah tidur, mual, pusing, lesu, dan pikiran mudah terganggu. Supaya menghindari kondisi ini, berikut tips dari Shine.com untuk mencegahnya.

a. Minum air
Dehidrasi adalah penyebab utama dari jetlag. Pastikan Anda meminum banyak air putih pada hari sebelum Anda naik pesawat. Dan, jangan berhenti meskipun setelah Anda tiba di tempat tujuan. Sediakan saja botol kecil selama perjalanan sehingga Anda bisa meminta pramugari untuk mengisinya kembali.

b. Latihan
Lakukan latihan ringan di sela-sela penerbangan dalam banyak cara. Dengan begitu, Anda akan melepaskan hormon santai untuk mempersiapkan diri menghadapi berbagai tekanan dalam perjalanan. Otot-otot pun akan meregang meski Anda menghabiskan banyak waktu dalam posisi duduk yang sama. Tak ketinggalan, tidur pun akan lebih nyenyak.

c. Hindari kafein
Kopi dan teh memang sangat menggoda untuk diminum, tetapi kafein dapat membuat Anda mengalami penderitaan ganda akibat jetlag. Tidak hanya dehidrasi, kafein bisa membuat Anda sulit tidur. Hidari asupan kafein beberapa hari sebelum melakukan perjalanan. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates