-->

Sabtu, 09 Juli 2011

Cara Asyik Menikmati Lembur

BEKERJA pada giliran sif malam atau lembur kini tak bisa dihindari lagi dan tengah mengarah pada gaya hidup. Ketika kebanyakan orang sudah berada di rumah untuk beristirahat setelah bekerja seharian, masih ada yang harus berada di kantor dan melanjutkan pekerjaan hingga tengah malam.

Wajar saja apabila Anda kerap dilanda kantuk saat malam hari di kantor, tapi Anda juga harus tetap fokus pada pekerjaan. Bagaimana ya cara agar tetap fokus dan terjaga saat lembur sehingga hasil pekerjaan tetap maksimal? Berikut beberapa tipsnya:

1. Dengarkan lagu berirama cepat
Musik ceria dan menyenangkan bisa membuat Anda tetap sadar dan waspada selama malam hari. Pilih lagu dengan musik elektronik dan pop. Bawa iPod atau CD sehingga bisa dipasang ke pemutar CD di komputer. Hindari musik yang lembut karena sebaliknya bisa membuat Anda mengantuk.

2. Minum sedikit kafein
Sedikit kafein seperti kopi dan teh dapat memberikan sentakan vitalitas yang Anda butuhkan untuk melalui sif malam tanpa keinginan untuk tidur telungkup di meja. Namun, ingat batasi asupan kafein. Terlalu banyak kafein dapat membuat Anda merasa lebih lelah pada hari berikutnya.

3. Jalan-jalan
Aktivitas fisik yang simpel dapat sangat efektif untuk menjaga energi saat bekerja di malam hari. Jika jenis pekerjaan Anda memungkinkan, berjalan-jalanlah di sekitar lorong kantor untuk membangunkan diri. Atau, saat waktu istirahat, berjalan-jalanlah sejenak dan pergi ke luar untuk menghirup udara segar dan sejuk pada malam hari supaya tubuh dan otak terbangun.

4. Percikkan air ke wajah
Saat ke kamar mandi, percikan sedikit air dingin pada wajah untuk merevitalisasi diri. Cara ini tidak hanya akan mencegah Anda dari perasaan seperti ingin tertidur, tapi juga memicu sedikit energi.

5. Tidur siang
Jika tahu akan mendapatkan sif malam, itu berarti siang hari merupakan jatah jam tidur Anda. Bila sulit tidur pada siang hari, buatlah agar suasana tidur seperti halnya malam hari. Misalnya, dengan menutup tirai kamar tidur. Atau, jika Anda tinggal dengan orang lain dengan jam tidur normal, coba memakai penutup telinga untuk meredam suara bising. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates