-->

Rabu, 13 Juli 2011

Yuk, Jadi Vegetarian Fleksibel!

ADA dua jenis vegetarian. Yang pertama, mereka yang benar-benar menjauhkan diri dari segala jenis konsumsi daging-dagingan dan yang kedua adalah mereka yang masih fleksibel terhadap beberapa jenis sajian dari hewan. Jenis yang ini kerap dijuluki 'vegetarian paruh waktu' atau fleksitarian.

Jika termasuk kategori yang kedua karena tidak mampu mengikuti pola vegetarian yang 'hardcore', Anda boleh-boleh saja menerapkan beberapa prinsip vegetarian tapi tetap fleksibel dan melakukannya tanpa rasa bersalah.

Seperti dikutip dari Times of India Senin (20/6), konsultan ahli gizi dan gaya hidup Naini Setalvad, mengatakan, "Ada banyak interpretasi yang berbeda untuk vegetarian paruh waktu. Kadang-kadang mereka menjadi vegetarian hanya dua kali seminggu atau satu bulan atau dua sampai tiga bulan dalam setahun."

Namun, apakah metode itu tetap memiliki manfaat? "Orang biasanya melakukan hal itu untuk menurunkan berat badan dengan membatasi kalori dan memangkas lemak dengan memakan sayuran dan buah-buahan. Juga, karena alasan kesehatan sebab makanan yang dihasilkan dari tumbuhan memang tak memiliki risiko kolesterol kecuali dimasak dengan banyak lemak."

Lebih lanjut, makanan untuk vegetarian biasanya juga menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, mengandung antioksidan yang menghambat penyakit degeneratif dan kanker. Pola makan vegetarian memang membuat kita seakan-akan menyatu dengan alam.

Oleh karena itu, sekali-kali, berikan tubuh Anda dengan makanan vegetarian sementara pikiran Anda terpuaskan dengan makanan tersebut. Bila Anda suatu waktu setelah menjadi vegetarian ingin sekali memakan daging, makanlah daging tanpa rasa bersalah dan tetap menjadi seseorang yang sehat. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates