-->

Minggu, 20 November 2011

NOVEMBER ini adalah bulan diabetes, penyakit yang juga dikenal di Indonesia dengan istilah penyakit kencing gula yang disebabkan oleh banyak faktor. Berikut adalah lima selebritas dunia yang mengidap diabetes, tapi telah memiliki cara sendiri untuk hidup berdampingan dengan penyakit tersebut.

a. Halle Bery
Aktris Halle Berry mengidap diabetes tipe 2. Lupakan gosip yang menyebutkan bahwa diabetes Berry berubah dari tipe 1 menjadi tipe 2 karena itu tidaklah mungkin. Pasien diabetes tipe 1 tidak dapat menhasilkan insulin dan memerlukan suntikan insulin seumur hidup. Beberapa pasien diabetes tipe 2 juga perlu suntikan insulin, selain obat oral, untuk mengontrol gula darah. Tapi kebanyakan orang dengan diabetes tipe 2 dapat bertahan hidup tanpa insulin, tidak seperti pasien diabetes tipe 1.

b. Randy Jackson
Juri American Idol Randy Jackson mengetahui dirinya terjangkit diabetes tipe 2 pada 2001. Saat itu, tubuh Jackson yang memang terbilang gemuk membuat dirinya berisiko besar mengidap diabetes tipe 2. Jackson juga berisiko lebih karena diabetes merupakan penyakit keturunan di keluarganya. Terlebih ras Afrika Amerika lebih mungkin mengidap diabetes jika dibandingkan dengan kulit putih. Semenjak itu, Jackson telah menjalani operasi bypass lambung, meningkatkan pola makannya, dan melakukann olahraga, termasuk berjalan di atas treadmill dan berlatih yoga.

c. Salma Hayek
Aktris Salma Hayek menderita diabetes gestational, jenis diabetes yang timbul selama kehamilan. Penyakit itu hadir saat ia mengandung putrinya, Valentina. Apalagi Hayek memiliki sejarah keluarga diabetes. Hampir semua perempuan diskrining untuk mendeteksi gestational diabetes saat mereka hamil 24-28 minggu sehingga mereka yang berisiko tinggi dapat ditangani sebelumnya. Diabetes gestational biasanya hilang setelah kehamilan, tetapi tetap meningkatkan risiko diabetes tipe 2 atau kembali mengalami diabetes gestasional pada kehamilan selanjutnya.

d. Larry King
Pembawa acara bincang-bincang Larry King mengidap diabetes tipe 2. "Tapi saya mampu mengendalikannya," kata King. Diabetes memang memicu risiko penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, dan masalah kesehatan serius lainnya. King pun telah lima kali menjalani operasi jantung pada 1987. Namun, diabetes bukan satu-satunya faktor risiko penyakit jantung. King telah menjadi perokok berat, itu membuatnya lebih rentan terhadap penyakit jantung. Kini, King pun menjadi lebih sadar. Dengan mengehentikan kebiasaan merookoknya, Kingi kini lebih mudah mengendalikan diabetes.

e. Patti LaBelle
Penyanyi Patti LaBelle memiliki diabetes tipe 2. Di situs web-nya, LaBelle teringat saat pertama kalinya ia didiagnosis. "Saat itu, aku pingsan di panggung. Setelah diperiksa, dokter datang ke saya dan berkata, 'Apakah Anda tahu bahwa Anda pengidap diabetes tipe 2?' dan aku berkata, 'Aku tidak tahu,'" kata LaBelle, yang memiliki sejarah keluarga pengidap diabetes. Sejak itu, LaBelle menulis buku memasak sehat dan berolahraga secara teratur. Alhasil ia pun mendapat julukan 'divabetic', yakni singkatan dari diabetes dan diva. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates