-->

Minggu, 20 November 2011

BERTAMBAH lagi bukti medis bahwa kopi, khususnya untuk perempuan, memiliki efek positif dalam menangkal bentuk kanker kulit paling umum di seluruh dunia. Perempuan yang minum lebih dari tiga cangkir kopi berkafein per hari mengalami risiko 20 persen lebih rendah terkena karsinoma sel basal (KSB), suatu jenis kanker kulit, jika dibanding mereka yang minum kurang dari secangkir per bulan.

Adapun pria yang minum dalam jumlah yang sama hanya mengalami penurunan risiko sebesar 9 persen, menurut hasil penelitian yang dipresentasikan di 10th American Association for Cancer Research International Conference on Frontiers in Cancer Prevention Research di Boston, Senin (24/10).

"Mengingat ada hampir 1 juta kasus baru KSB yang didiagnosa setiap tahun di Amerika Serikat, faktor pola makanan sehari-hari dengan efek protektif mungkin memiliki dampak kesehatan masyarakat," kata peneliti Fengju Song dari Harvard Medical School. "Studi kami menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat menjadi pilihan penting untuk membantu mencegah KSB."

Karsinoma sel basal adalah bentuk kanker kulit nonmelanoma dan merupakan kanker paling umum di Amerika Serikat. Kondisi ini paling umum diderita orang berambut pirang dan bermata hijau atau biru. KSB dapat memanifestasikan dirinya sebagai sakit kulit yang berdarah dan tidak sembuh-sembuh, meskipun jarang menyebar ke bagian lain tubuh.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan peminum kopi cenderung memiliki lebih sedikit risiko payudara, rahim, prostat dan kanker usus besar, tetapi efek yang menguntungkan tidak terlihat pada orang yang minum kopi tanpa kafein. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates