-->

Minggu, 20 November 2011

Efektifkah Sauna di Gym?

KETIKA berada gym, kita sering tergoda untuk masuk ke ruang sauna atau uap karena melihat para perempuan tampak relaks dan santai di sana. Namun, apakah sauna memang benar-benar efektif untuk tubuh, pikiran, jiwa, atau bahkan pori-pori Anda?

Tom Holland, ahli fisiologi olahraga dan penulis Beat the Gym: Personal Trainer Secrets Without the Personal Trainer Price Tag, memberikan sarannya tentang apakah kita harus mengunjungi sauna atau ruang uap atau tidak perlu sama sekali.

"Sauna adalah ruangan yang memiliki suhu panas kering, sedangkan ruang uap mengeluarkan panas dan lembab. Kedua ruangan itu disebut dapat menghilangkan toksin melalui keringat, mengurangi rasa sakit sendi, meningkatkan sirkulasi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, tapi itu semua tidak sepenuhnya benar," kata Holland.

Dan, bagaimana dengan pori-pori? "Kamar uap dan sauna membuat Anda berkeringat, yang dapat membantu membuka pori-pori dan membuat kulit memerah berkat peningkatan aliran darah yang menyebabkan panas," lanjutnya.

"Sauna menggunakan suhun panas kering yang membuat pori-pori mengeluarkan keringat lebih banyak, sedangkan kamar uap memiliki kelembapan lebih di udara yang dapat membantu kulit lebih kenyal. Kamar uap juga dapat membantu mengatasi kulit yang cenderung berjerawat dengan menyeimbangkan produksi minyak," tambahnya.

Perlu diingat, keringat yang dikeluarkan melalui pori-pori Anda sebenarnya adalah air, jadi duduk di ruang sauna atau uap terlalu lama dapat mendehidrasi kulit Anda, Holand juga memperingatkan. "Setelah berada di sauna selama 15 menit, minumlah airsupaya tubuh tak kekurangan cairan," saran dia.

Anda juga sebaiknya berhati-hati terhadap kuman karena virus dan bakteri dapat berkembang di bangku-bangku kayu berpori yang biasa kita temukan di sauna dan sudut lembap kamar uap sebab dapat menyebabkan infeksi virus pernapasan. "Pastikan untuk duduk di handuk dan kenakan sandal jepit," ujarnya.

Namun, apa sih yang paling menyenangkan dari sauna? Ya, ruangan itu memang bisa membuat kita sangat relaks. Anggap saja relaks di sauna merupakan hadiah karena Anda telah giat berolahraga.(Pri/X-13)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates