-->

Sabtu, 05 November 2011

Warna Mobil Pengaruhi Konsumsi Bahan Bakar

APAKAH dibenak Anda pernah terlintas bahwa penghematan bahan bakar dapat dipengaruhi oleh warna mobil? Pasti sebagian besar meragukan hal itu. Namun faktanya hal itu sangat terkait.

Para peneliti di laboratorium Berkeley divisi Teknologi Energi Lingkungan mempublikasikan sebuah studi baru yang menunjukkan bahwa mobil-mobil berwarna cerah memiliki efisiensi bahan bakar 2% lebih baik dibandingkan mobil berwarna gelap.

Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa warna-warna terang seperti putih dan silver mampu memantulkan cahaya matahari hingga 60%, sementara warna hitam atau warna lebih gelap hanya mampu memantulkan cahaya 5%.

Setelah dijemur di bawah terik matahari selama satu jam, atap mobil berwarna silver memiliki temperatur yang lebih dingin dibanding mobil berwarna hitam. Kedua warna tersebut berselisih temperatur hingga 45 derajat Fahrenheit atau berselisih sekitar 26 derajat Celsius. Dan

menurut para peneliti akan memberikan perbedaan suhu udara di dalam kabin antara 9 hingga 11 derajat Fahrenhei atau sekitar 5 hingg 8 derajat Celsius.

Dari sinilah konsumsi bahan bakar dapat dipengaruhi. Jika warna terang bisa membuat kabinnya lebih dingin dibanding mobil gelap, maka kinerja perangkat penyejuk udara menjadi lebih ringan dan lebih efisien untuk menurunkan suhu udara kabin menjadi 25 derajat Celsius karena hanya membutuhkan waktu 30 menit (sesuai performa standar industri untuk AC kendaraan).

Para peneliti kemudian melakukan peralatan simulasi untuk memperkirakan potensi penghematan energi dengan menggunakan warna yang lebih memantulkan cahaya untuk mengurangi ukuran AC dan mereka mendapatkan bahwa dengan menukar warna hitam menjadi putih atau silver akan manambah jarak tempuh sekitar 0.187 km/liter atau 2%.

Angka ini terlihat tidak terlalu signifikan tentunya, tetapi jika dihitung secara jangka panjang selam bertahun-tahun, maka angka ini menjadi sangat berarti.

Berbekal informasi ini, para produsen mobil dapat memilih untuk membatasi penyediaan warna-warna gelap pada model-model mobil bertema eco. Demikian pula dengan para konsumennya. Oleh karena itu pula, penggunaan kaca film yang mampu menghalau panas bisa juga dilakukan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan. (OL-07)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates